Tekno & Sains
·
10 Agustus 2020 8:54

Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Indonesia (31458)
Pesawat N250 Gatotkoco rancangan Habibie yang masih tersimpan di PT Dirgantara Indonesia (DI) Bandung, Jawa Barat. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Hari ini (10/8), Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau Hakteknas diperingati di Indonesia. Ini merupakan peringatan akan kebangkitan teknologi di Tanah Air yang diawali dengan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca rakitan BJ Habibie di Bandung.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Setneg, penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 menjadi hasil dari pemikiran para ilmuwan di Indonesia. Sejumlah ilmuwan tersebut berusaha membangkitkan Iptek untuk menjadikan Tanah Air sebagai negara yang terhormat di dunia.
Sebelumnya, Industri Pesawat Terbang Nurtanio atau IPTN sudah berhasil memproduksi pesawat CASA-212 yang mampu memuat 12 orang. Pesawat tersebut telah mendapatkan lisensi dari Spanyol.
Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Indonesia (31459)
Pesawat N250 Gatotkaca rancangan Habibie yang masih tersimpan di PT Dirgantara Indonesia (DI) Bandung, Jawa Barat. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Usai membuat CASA-212, IPTN kembali mengembangkan wawasan dan pengalamannya dengan membuat pesawat baru. Kala itu, IPTN bemitra dengan perusahaan CASA Spanyol dan memproduksi pesawat CN-235 yang bisa menampung 35 penumpang.
Beberapa lama kemudian, IPTN pun kembali memproduksi pesawat sendiri guna mengembangkan teknologi penerbangan Tanah Air. Dipimpin oleh BJ Habibie, IPTN merancang dan memproduksi pesawat N-250 secara mandiri.
ADVERTISEMENT
Pesawat tersebut merupakan komuter turboprop rancangan asli IPTN yang sekarang dikenal dengan PT Dirgantara Indonesia. Pesawat ini dinamakan dengan huruf N yang artinya Nusantara.
Pada 6 Oktober 1995, Presiden RI menetapkan 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau Hakteknas. Keputusan tersebut ditetapkan melalui Keppres Nomor 71 Tahun 1995 tentang Hari Teknologi Nasional.
Peringatan ini ditetapkan untuk menghargai hasil karya anak bangsa yang membangkitkan Iptek Tanah Air hingga ke ranah internasional. Selain itu, Hakteknas juga diperingati untuk menumbuhkan kesadaran dan kreaktivitas masyarakat guna mengembangkan Iptek di Indonesia.
(GTT)