News
·
29 Juli 2021 15:16
·
waktu baca 2 menit

Sejarah Hari Persahabatan Internasional yang Diperingati Setiap 30 Juli

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Sejarah Hari Persahabatan Internasional yang Diperingati Setiap 30 Juli (439562)
searchPerbesar
Ilustrasi Sejarah Hari Persahabatan Internasional Foto: Unsplash
Hari Persahabatan Internasional atau International Friendship Day diperingati setiap tanggal 30 Juli di berbagai belahan dunia. Peringatan ini telah dipatenkan sejak 10 tahun silam. Tahun ini, Hari Persahabatan Internasional jatuh pada Jumat (30/7).
ADVERTISEMENT
Mengutip situs Time and Date, Hari Persahabatan Internasional berupaya menekankan persahabatan dari beragam latar belakang budaya. Peringatan ini juga mendorong masyarakat untuk mengupayakan perdamaian dunia.
Di samping itu, persahabatan sendiri dipercaya mampu mendorong setiap individu untuk membangun ikatan kepercayaan dengan sesama serta membangkitkan semangat solidaritas dan perdamaian dunia.
Penasaran dengan sejarah Hari Persahabatan Internasional? Yuk, simak ulasannya berikut ini!
Sejarah Hari Persahabatan Internasional yang Diperingati Setiap 30 Juli (439563)
searchPerbesar
Ilustrasi Sejarah Hari Persahabatan Internasional Foto: Unsplash

Sejarah Hari Persahabatan Internasional

Mengutip situs International Event Day, Hari Persahabatan Internasional merupakan peringatan yang diproklamasikan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).
Peringatan ini mengajak masyarakat untuk merayakan persahabatan tanpa memandang ras, warna kulit, ataupun agama.
Mengutip situs National Today, Hari Persahabatan Internasional diperkenalkan oleh Hallmark. Pada momen ini, masyarakat biasanya saling mengirimkan kartu kepada sahabat.
ADVERTISEMENT
Pada 30 Juli 1958, Hari Persahabatan Internasional diusulkan oleh Dr. Ramon Artemio Bracho untuk pertama kalinya bersama anggota organisasi World Friendship Crusade di negara bagian Amerika Utara, Paraguay.
Organisasi tersebut merupakan yayasan yang mengupayakan persahabatan dan kerja sama sesama manusia tanpa memandang ras atau agama.
Sejak saat itu, Paraguay mulai memperingati Hari Persahabatan setiap tanggal 30 Juli. Beberapa negara lain juga turut merayakan peringatan tersebut.
Pada 1998, tokoh kartun Winnie the Pooh dinobatkan sebagai Duta Besar Pershabatan Dunia untuk PPB. Kemudian pada 27 April 2011, PBB mencanangkan Hari Persahabatan Internasional.
Pencanangan itu diikuti dengan gagasan bahwa persahabatan antara masyarakat, negara, dan budaya mampu menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antar komunitas.
Sejarah Hari Persahabatan Internasional yang Diperingati Setiap 30 Juli (439564)
searchPerbesar
Ilustrasi Sejarah Hari Persahabatan Internasional Foto: Unsplash
Melalui peringatan Hari Persahabatan Internasional, PPB ingin melibatkan kaum muda sebagai pemimpin masa depan untuk terus menghormati keragaman dan mempromosikan perdamaian dunia.
ADVERTISEMENT
Untuk menandai Hari Persahabatan Internasional, PBB mendorong pemerintah, organisasi internasional dan kelompok masyarakat sipil untuk mengadakan acara, kegiatan, dan inisiatif lain guna mempromosikan solidaritas, saling pengertian, dan rekonsiliasi.
Di samping itu, beberapa negara memilih tanggal lain untuk merayakan hari sahabat. Di Argentina dan Brasil, peringatan ini digelar pada 20 Juli.
India, Uni Emirat Arab, dan Bangladesh memperingatinya pada Minggu pertama bulan Agustus. Sedangkan Amerika Serikat merayakannya pada 15 Februari.
(GTT)
Hari International Friendship Day 2021 Tanggal Berapa?
chevron-down
Apa Itu Hari Persahabatan Internasional?
chevron-down
Kapan Hari Persahabatan Internasional Diresmikan?
chevron-down
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white