kumparan
search-gray
News1 Juli 2020 11:05

Sejarah Singkat 10 Kerajaan Islam yang Pernah Berdiri di Indonesia

Konten kiriman user
Sejarah Singkat 10 Kerajaan Islam yang Pernah Berdiri di Indonesia (69790)
Sejarah 7 Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap dengan Peninggalannya Foto: Shutter Stock
Berdirinya kerajaan Islam menjadi penanda masuknya agama Islam ke Tanah Air. Diketahui, agama Islam masuk sekitar akhir abad ke-6 dan awal abad ke-7 Masehi.
ADVERTISEMENT
Tak hanya berdiri begitu saja, kerajaan Islam di Indonesia juga mengalami kejayaan di abad ke-13 Masehi. Kejayaan itu dipengaruhi dengan adanya perdagangan dari Timur Tengah, India dan negara lainnya ke Nusantara.
Berikut ini adalah daftar kerajaan Islam yang pernah berdiri di Indonesia beserta sejarah singkatnya.

Kerajaan Samudera Pasai

Samudera Pasai menjadi kerajaan Islam pertama yang berdiri di Indonesia. Kerajaan ini dipimpin oleh Sultan Malik Al-Saleh yang menjadi raja sekaligus pendiri Samudera Pasai.
Kerajaan Samudera Pasai diketahui berdiri pada tahun 1267-1521. Kerajaan ini terletak di Kabupaten Lhokseumawe, Aceh Utara.

Kerajaan Demak

Kerajaan Islam juga muncul di tanah Jawa yaitu Kerajaan Demak. Kerajaan ini didirikan pada 1478 oleh Raden Fatah.
ADVERTISEMENT
Selain Raden Fatah, Kerajaan Demak juga pernah dipimpin empat raja lainnya yaitu Pati Unus, Sultan Trenggono, Sunan Prawata dan Arya Penangsang. Kerajaan ini disebut membawa pengaruh besar atas peradaban Islam di Jawa.

Kerajaan Aceh Darussalam

Kerajaan Aceh Darussalam menjadi kerajaan Islam kedua di Aceh. Kerajaan ini didirikan Sultan Ali Mughayat Syah di Banda Aceh pada 1496.
Kerajaan Aceh Darusalam dikenal menyuarakan perlawanan terhadap imperialisme Eropa. Kerajaan ini juga dikenal menjadi pengasil lada terbesar di masa kejayaannya.

Kerajaan Islam Banjar

Kerajaan Islam pertama di tanah Kalimantan diketahui didirikan Raden Samudra pada 1520. Kerajaan tersebut bernama Kerajaan Banjar. Setelah wafat, tahta Raden Samudra digantikan oleh Sultan Rahmatullah.

Kerajaan Mataram Islam

Di tanah Jawa tepatnya Jogyakarta, berdiri kerajaan Islam yang disebut Kerajaan Mataram Islam. Kerajaan tersebut diketahui berdiri di Kotagede pada 1582. Ada enam raja yang pernah memimpin, salah satunya yaitu Raden Mas Rangsang (Sultan Agung) yang berhasil membawa Kerajaan Mataram di puncak kejayaan.
ADVERTISEMENT

Kerajaan Pajang

Kerajaan Demak memiliki penerus yaitu Kerajaan Pajang. Kerajaan ini didirikan di Kelurahan Pajang, Kota Surakarta pada 1568 oleh Jaka Tingkir. Sayangnya, Kerajaan Pajang hanya berkuasa dalam waktu cukup singkat yaitu 1548-1586.

Kerajaan Cirebon

Raden Fatahillah menjadi raja pertama sekaligus pendiri Kerajaan Cirebon pada 1522. Raden Fatahillah juga memberikan puncak kejayaan Kerajaan Cirebon semasa kepemimpinannya. Setelah wafat, kepemimpinan digantikan oleh putranya gang bernama Pangeran Pasarean.

Kerajaan Maluku

Kerajaan Islam di daerah Timur Indonesia ditandai adanya Kerajaan Maluku atau disebut Kesultana Ternate. Kerajaan ini pertama kali berdiri pada 1257 oleh Baab Mashur Malamo yang memiliki peran besar di kawasan timur Indonesia.

Kerajaan Gowa

Sultan Hasanuddin diketahui sebagai raja pertama di Kerajaan Gowa. Kerajaan ini berdiri sejak tahun 1300-1946. Sementara raja terakhirnya diketahui yaitu Sultan Muhamamd Abdul Kadir Aiduddin.
ADVERTISEMENT

Kerajaan Buton

Berada di Sulawesi Tenggara, Kerajaan Buton menjadi kerajaan Islam pertama di tanah Sulawesi. Kerajaan ini resmi berdiri pada masa pemerintahan Sultan Murhum Kaimudin Khalifatul Khamis atau Raja Buton ke-6.
(Rav)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white