Sholawat Busyro dan Keutamaan bagi yang Mengamalkannya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
3 Oktober 2022 19:58
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sholawat busyro. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sholawat busyro. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Sholawat merupakan salah satu cara untuk menunjukkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW agar mendapatkan syafaatnya yang luar biasa. Ada banyak sholawat yang memiliki keutamaan dan manfaat luar biasa bagi yang mengamalkannya, termasuk sholawat busyro.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Berlian Langit: Kumpulan Kata-Kata Mutiara dan Faedah Pilihan susunan Dr. Al Habib Segaf bin Hasan Baharun, sholawat busyro (kabar gembira) merupakan sholawat yang diijazahkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Selain manusia, malaikat dan dan Allah SWT juga ikut bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Hal ini didasarkan dari firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:
اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
Artinya: "Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."
Jadi, sudah sepatutnya umat Muslim juga ikut bersholawat untuk Rasulullah. Bagi yang ingin mengamalkannya, simak bacaan sholawat busyro dan deretan keutamaannya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Bacaan Sholawat Busyro

Ilustrasi sholawat busyro. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sholawat busyro. Foto: Pexels
اللهم وسلم على سيد سيد محمد صاحب البشرة صلاة تبشرنا بها وأهلنا وأولادنا وجميع مشايخنا ومعلمين وطالباتنا في يومنا هذا إلى يوم الآخره
Allahumma sholli wa sallam 'alaa sayyidinaa muhammadin shoohibul busyro sholaatan tubasyiruuna biha wa ahlanaa wa awlaadanaa wa jamii'a masyaayikhinaa wa mu'allimiinaa wa mutholabaatinaa fii yauminaa hadzaa ilaa yaumil aakhiroh.
Artinya: "Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam atas junjungan kami Muhammad yang memberkati kami dengan doanya bersama keluarga, anak-anak kami, dan semua syekh/ulama kami, dan guru-guru kami, dan murid-murid kami di hari ini hingga akhir."

Keutamaan Sholawat Busyro

Sholawat busyro menyimpan banyak keutamaan dan manfaat bagi yang mengamalkannya. Berikut ini beberapa keutamaan sholawat busyro:
  • Melancarkan rezeki.
  • Membawa kabar gembira dan kesenangan.
  • Memperlancar segala urusan.
  • Mengabulkan segala permintaan baik.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Hidup bersama Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam susunan Daeng Naja, sholawat busyro sebaiknya dibaca sebanyak 41 kali setelah shalat subuh, khususnya pada hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku." Para sahabat berkata: "Bagaimana cara ditunjukkan kepadamu, sedangkan engkau telah menjadi tanah?" Lalu Rasulullah menjawab, "Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan An-Nasa'i)
Apa itu sholawat?
chevron-down
Kapan waktu yang dianjurkan untuk membaca sholawat busyro?
chevron-down
Apa keutamaan sholawat busyro?
chevron-down
(ANS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·