Syarat Menjadi Pilot Lengkap dengan Ragam Lisensi yang Bisa Dimiliki

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
3 Oktober 2022 15:43
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pilot Foto: Shutter stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pilot Foto: Shutter stock
ADVERTISEMENT
Pilot merupakan salah satu profesi yang diidamkan dan banyak diminati orang-orang. Sebagian berpendapat bahwa pilot adalah pekerjaan bergengsi. Jika berhasil menjadi pilot, seseorang akan mendapatkan gaji besar dan berpenampilan gagah.
ADVERTISEMENT
Profesi pilot mengharuskan seseorang mahir menerbangkan pesawat. Saat menjalankan tugasnya, seorang pilot harus menaati semua prosedur penerbangan yang super ketat. Sebab, sedikit kesahalan saja akan berakibat fatal.
Secara umum, standar penerbangan yang ditetapkan oleh setiap maskapai sama. Seorang pilot harus memiliki kesehatan yang baik, penglihatan yang sempurna, serta kondisi jantung yang aman.
Jika tidak memenuhi kriteria tersebut, seorang pilot tidak bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal. Lantas, apa saja syarat menjadi pilot yang harus dipenuhi? Simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya.

Syarat Menjadi Pilot

Sama seperti profesi lainnya, untuk menjadi seorang pilot Anda juga harus memenuhi beberapa persyaratan. Dikutip dari buku Aku Ingin Menjadi Pilot karya Stella Ernes (2017), berikut penjelasannya:
Ilustrasi pilot di kokpit. Foto: Skycolors/Shuttertock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pilot di kokpit. Foto: Skycolors/Shuttertock
  • Lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan IPA. Seorang pilot harus pandai dalam mata pelajaran Matematika dan Fisika.
  • Tinggi badan minimal 165 cm (untuk wanita) dan 175 cm (untuk pria).
  • Seorang pilot harus memiliki kesehatan yang baik, penglihatan yang sempurna, dan kondisi ksehatan jantung serta mulut yang baik.
  • Fasih berbahasa Inggris.
  • Harus cepat dan tepat dalam mengambil keputusan, karena mungkin saja seorang pilot menghadapi kondisi yang kurang baik dalam penerbangan.
  • Tidak takut ketinggian.
  • Memiliki saraf motorik yang baik.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, ada sejumlah sekolah khusus penerbangan (flying school) yang siap menerima siswa-siswi calon pilot. Biasanya, mereka menerapkan sejumlah persyaratan seperti yang disebutkan di atas.
Flying school seperti STPI Curug dan Penerbangan Militer biasanya hanya menerima siswa lulusan SMA IPA. Sedangkan flying school swasta dan beasiswa biasanya menerima siswa lulusan SMU IPS dan SMK.
Ilustrasi Pilot Foto: Shutter stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pilot Foto: Shutter stock

Lisensi Seorang Pilot

Lisensi pilot bisa diperoleh melalui beberapa tingkatan. Dirangkum dari buku SACAA CPL Navigation karya Loise Hahn (2020), berikut penjelasan lengkapnya yang bisa Anda simak:

1. PPL (Private Pilot License)

PPL adalah lisensi paling dasar bagi pilot. Pemegang lisensi ini diperkenankan menerbangkan pesawat untuk kepentingan sendiri dengan mesin tunggal dan tidak diperbolehkan membawa penumpang.
Selain itu, pilot yang mempunyai lisensi PPL hanya diperkenankan terbang pada siang hari. Mereka hanya boleh terbang selama 60 jam dalam sehari.
ADVERTISEMENT

2. CPL (Commercial Pilot License)

Pemegang lisensi CPL dibolehkan menerbangkan pesawat bermesin tunggal, membawa penumpang, dan menerbangkan pesawat komersial tanpa kru. Ini sebatas pada penerbangan baliho, penyemprotan kebun, pemadaman api, pesawat sewaan, laporan lalulintas, pemotretan udara, dan instruktur terbang.

3. ATPL (Airline Transport Pilot License)

ATPL adalah tingkatan tertinggi kemampuan pilot. ATPL disyaratkan untuk pilot yang bekerja di airline dengan penerbangan terjadwal. Pilot pemegang lisensi ini dibolehkan untuk menerbangkan pesawat dengan kru dan pesawat dengan penumpang/kargo besar.
(MSD)
Apa syarat utama menjadi seorang pilot?
chevron-down
Apa saja lisensi yang dimiliki seorang pilot?
chevron-down
Apa saja sekolah penerbangan yang ada di Indonesia?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·