Tema Hari Santri Nasional 2020 Beserta Panduan Perayaannya di Tengah Pandemi

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
22 Oktober 2020 9:13 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi santri di pesantren. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi santri di pesantren. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selasa (22/10), perayaan Hari Santri Nasional kembali diperingati untuk yang ke-5 kalinya. Ditetapkannya tanggal tersebut karena bertepatan dengan satu peristiwa bersejarah, yaitu seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asyari pada 22 Oktober 1945.
ADVERTISEMENT
Perayaan Hari Santri Nasional ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2015. Penetapan ini juga ditujukan untuk meneladankan semangat jihad bagi para santri di Indonesia.
Sebab, resolusi jihad yang dulu digagas KH Hasyim Asyari pada 1945 berhasil membangkitkan semangat para santri, pemuda, dan masyarakat Indonesia dalam berjuang melawan pasukan kolonial.
Ilustrasi santri. Foto: Shutterstock
Di tahun 2020, perayaan Hari Santri Nasional diperingati dengan mengusung tema yang berkaitan dengan suasana pandemi, yaitu 'Santri Sehat Indonesia Kuat'.
Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan panduan untuk perayaan Hari Santri Nasional 2020 sejak Senin (21/10). Panduan tersebut berisikan bagaimana rangkaian merayakan Hari Santri Nasional di tengah pandemi yang antara lain sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Kemenag juga menyematkan logo Hari Santri Nasional 2020 dalam bentuk JPG dan PNG yang bisa diunduh untuk dipasang pada spanduk, baliho, atau banner.
(Rav)