Food & Travel
·
27 Maret 2020 13:32

Tingkatkan Imunitas sampai Cegah Kanker, Ini Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Tingkatkan Imunitas sampai Cegah Kanker, Ini Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan (139491)
Buah mengkudu. Foto: Pixabay
Sejak dulu, buah mengkudu telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal. Buah bernama latin morinda citrifolia ini juga menjadi salah satu bahan baku jamu yang banyak dijual di Jawa.
ADVERTISEMENT
Namun, aromanya yang menyengat dan rasanya yang sedikit pahit seringkali membuat banyak orang enggan untuk mencobanya. Padahal, mengkudu dapat membantu mencegah berbagai penyakit, dari yang ringan sampai berat seperti kanker.
Intip beberapa khasiat buah mengkudu untuk kesehatan berikut ini:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dikutip dari Healthline, buah mengkudu kaya vitamin C dan beta-karoten untuk memperkuat imunitas. Mengonsumsi 100 ml jus mengkudu dapat memenuhi 33 persen kebutuhan vitamin C harian yang disarankan. Selain itu kandungan Scopoletin di dalamnya juga memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti-jamur yang meningkatkan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

Mengurangi Sakit Radang Sendi

Tim Universitas Lund Swedia melakukan studi pada orang yang menderita osteoarthritis (peradangan sendi). Mereka diberi asupan 89 ml jus mengkudu setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Setelah 90 hari, intensitas rasa sakit berkurang secara signifikan. Buah mengkudu memang dapat mengurangi inflamasi dan melawan radikal bebas yang menyebabkan rasa sakit akibat peradangan tersebut.

Turunkan Hipertensi

Kandungan bahan aktif scopeletin dan xeronin dalam mengkudu memiliki fungsi untuk menormalkan tekanan darah dengan adanya efek spasmolitik. Pernyataan ini berdasarkan penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung,
Efek spasmolitik ditandai dengan terjadinya pelebaran pembuluh darah akibat relaksasi otot polos. Efek tersebut serupa dengan cara kerja obat anti-hipertensi

Mencegah Kanker

Buah mengkudu memiliki efek sebagai anti-tumor dan anti-kanker. Kandungan antrakuinon dalam mengkudu dapat mendetoksifikasi dan menghilangkan sel kanker. Berdasarkan penelitian American Association for Cancer Research, endapan alkohol dari buah mengkudu meningkatkan kehidupan tikus percobaan yang mengidap kanker Lewis paru hingga 75%.
ADVERTISEMENT
Selain itu, jus mengkudu bisa menjadi bahan herbal alami yang baik dalam pengobatan kanker karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. Sebuah riset yang diadakan oleh para peneliti dari Universitas Lousiana telah membuktikannya.
(ERA)