kumparan
search-gray
Woman13 Februari 2020 14:17

Tips Ampuh Mengobati Sakit Gigi di Rumah

Konten kiriman user
Tips Ampuh Mengobati Sakit Gigi di Rumah  (1098681)
Ilustrasi Sakit Gigi Foto: Thinkstock
Selain menyiksa, sakit gigi seringkali mengganggu aktivitas. Rasa nyeri yang menusuk juga membuat penderita sakit gigi menjadi sulit makan bahkan bicara. Jangankan makan, meski terdiam pun gigi tetap saja terasa nyeri.
ADVERTISEMENT
Sebagian besar penyebab sakit gigi memang disebabkan oleh kuman. Sakit gigi sendiri dapat muncul karena gigi berlubang, gigi tumbuh dengan kurang benar, gigi patah, atau tambalan gigi yang sudah rusak. Karena itu, sakit gigi harus segera diobati agar tidak menjalar dan semakin menjadi.
Namun, ada kalanya kita tidak sempat pergi ke dokter karena terbentur waktu atau biaya. Jangan kuatir, sakit gigi ternyata bisa diobati sendiri di rumah. Beberapa bahan alami cukup ampuh untuk membersihkan serta mengobati sakit gigi. Berikut beberapa tips ampuh mengobati sakit gigi.

Kumur Air Garam

Pasti kamu sudah pernah mendengar kalau kumur air garam akan mengobati sakit gigi. Sejak dulu, solusi ini memang terbukti cukup ampuh sehingga masih diterapkan hingga saat ini. Kandungan natrium dan klorida pada garam mampu menjaga sistem otot serta saraf. Garam juga dapat membersihkan gigi kita dari bakteri.
ADVERTISEMENT
Selain bahan yang mudah didapat, cara membuat air kumur garam pun sangat mudah. Kamu dapat melarutkan 1-2 sdm garam ke dalam segelas air hangat dan kumur selama 30 detik, lalu dibuang. Jangan lupa untuk membersihkan gigi terlebih dahulu dengan tusuk gigi sebelum berkumur. Perlu diingat juga bahwa bahan alami tidak bertahan dalam waktu yang lama, sehingga kamu harus mengulangi kumur air garam setiap beberapa jam sekali.

Kompres Dengan Es Batu

Cara populer lainnya untuk mengobati sakit gigi adalah kompres es batu. Dinginnya es batu dapat membuat sakit gigi kamu lebih terasa kebal. Cara ini sangat mudah, kamu tinggal mengumpulkan beberapa keping es ke dalam handuk kecil. Kemudian tempelkan kompres es tersebut ke pipi yang bengkak karena sakit gigi selama 15-20 menit. Kompres es juga dapat ditempelkan pada gigi sehingga syaraf yang membuat ngilu kalah dengan rasa dingin dari es batu. Kamu dapat mengulangi kompres ini 3-4 kali sehari.
ADVERTISEMENT

Kunyah Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih pun dapat digunakan sebagai obat sakit gigi, lho. Bawang putih memiliki kandungan antiseptik serta antibiotik alami untuk membantu mencegah infeksi serta membantu mengurangi rasa nyeri di gigi. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan satu bawang putih yang sudah dikupas dan sudah dipotong menjadi dua bagian. Selanjutnya, kamu dapat mengunyah bawang putih tersebut atau meletakkan potongan bawang putih di bagian gigi yang sakit. Mudah kan?

Menggunakan obat

Jika sakit gigimu tak kunjung sembuh, pilihan terbaik adalah menggunakan obat. Kamu bisa mendapatkan obat sakit gigi di apotek terdekat. Namun, ada baiknya kamu konsultasi ke dokter gigi agar dokter dapat menyarankan obat atau langsung melakukan penanganan untuk gigimu yang sakit.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah beberapa tips yang ampuh untuk mengobati sakit gigi. Tapi, akan lebih baik jika kamu mencegah sakit gigi dengan merawat gigi kamu. Hindari memakan makanan manis secara berlebihan dan jangan lupa untuk rajin menyikat gigi. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?
(gtt)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white