kumparan
KONTEN PENGGUNA
18 Februari 2020 16:56

Tips Cepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

s8ymwyf3z8zsmicc8e7s.jpg
Ilustrasi Badan Ideal
Mengembalikan tubuh ideal adalah impian para Ibu, karena itu banyak wanita yang berusaha menurunkan berat badan setelah melahirkan. Berat badan yang melonjak seringkali menimbulkan rasa kurang percaya diri bahkan membuat stress.
ADVERTISEMENT
Wajar saja jika berat badan naik drastis, saat hamil Ibu memang dianjurkan untuk lebih banyak makan demi buah hati dalam kandungan. Selain itu, hormon saat hamil juga terkadang menimbulkan nafsu makan lebih dan memberikan pengaruh bagi bentuk tubuh.
Tidak masalah jika menginginkan tubuh ramping seperti dahulu. Namun, jangan sampai diet yang dilakukan malah membahayakan kesehatan dan peluang menyusui bayi. Untuk mencapai tubuh ideal, pilihlah cara menurunkan berat badan yang aman. Berikut ini adalah tips menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Mengatur Pola Makan

Untuk mendapat tubuh ideal, hindari diet yang ekstrim seperti makan sekali sehari. Tidak hanya stress, hal ini pun dapat menghambat ASI untuk si kecil. Sebaiknya atur pola makan sehari-hari, pilih makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Pilih juga makanan yang rendah kalori namun kaya nutrisi seperti salmon, tuna, yogurt , gandung utuh, sayuran, ayam, daging tanpa lemak dan omega-3.
ADVERTISEMENT

Rajin Olahraga

Selain mengatur pola makan, olahraga pun menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Namun, pastikan untuk melakukan olahraga setelah tubuh pulih dan kuat. Waktu yang baik untuk olahraga adalah tiga hari sampai enam minggu setelah melahirkan. Ada baiknya Ibu mendiskusikan rencana untuk berolahraga dengan dokter agar dapat mengetahui waktu dan jenis olahraga yang tepat. Tak perlu olahraga berlebihan, cukup lakukan olahraga santai seperti berjalan kaki, pilates, yoga, berenang, dan aerobik.

Tidur Cukup

Wajar saja kalau kurang tidur setelah melahirkan. Tangisan bayi di malam hari membuat Ibu sulit mendapatkan jam tidur yang optimal. Belum lagi harus mengurus keperluan bayi seperti memberi makan, mengganti popok, dan sebagainya. Namun, cobalah untuk menyelipkan waktu tidur di sela-sela kesibukan. Ibu juga bisa bergantian mengurus keperluan bayi dengan pasangan. saat bergantian, manfaatkan waktu untuk beristirahat.
ADVERTISEMENT

Banyak Minum Air Putih

Walau sibuk, jangan lupa untuk selalu minum air putih. Jangan hanya minum disaat haus, usahakan minum segelas air setelah selesai menyusui. Selain baik untuk tubuh, air putih juga akan membantu untuk diet, lho. Minum banyak air putih akan menimbulkan rasa kenyang dan menurunkan keinginan untuk makan camilan.
Nah, itulah beberapa tips menurunkan berat badan. Ibu bisa mencoba tips diet ini untuk meraih berat badan ideal. Sedikit demi sedikit pasti akan membuahkan hasil. Tapi, jangan dipaksakan ya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan