Tips Memasak Steak Medium Well, Rare, Medium Rare, Medium Steak, dan Well Done

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
16 Juni 2022 15:46
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Steak. Foto: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Steak. Foto: pixabay.com
ADVERTISEMENT
Medium well merupakan salah satu dari lima tingkat kematangan steak. Ini untuk memudahkan konsumen memilih sajian yang mereka karena ada sebagian konsumen yang tidak menyukai daging steak yang masih banyak warna merah muda.
ADVERTISEMENT
Dalam laman The Spruce Eats disebutkan, medium well artinya steak dengan sedikit warna merah muda di bagian tengahnya. Permukaan steak ini berwarna coklat tua atau tampak gosong di bagian atas dan bawah.
Tekstur medium well steak adalah sangat kaku, namun sedikit lembut di bagian tengahnya. Tips memasak medium well steak adalah sebagai berikut:
  • Letakkan daging dengan ketebalan 1 inci di atas panggangan panas, kemudian masak selama 7 menit.
  • Balik dan lanjutkan memanggang selama 5 menit atau hingga suhu internal daging berada pada 68-74°C.
Ilustrasi Daging. Foto: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Daging. Foto: pixabay.com

Tingkat Kematangan dan Tips Memasak Steak

Selain medium well, ada empat tingkat kematangan steak lainnya yang dapat Anda pilih. Berikut tingkat kematangan dan tips memasak steak yang dirangkum dari laman The Spruce Eats.
ADVERTISEMENT

1. Rare steak

Rare steak merupakan steak dengan tingkat kematangan hampir mentah, dimasak dalam waktu sebentar, dan jarang diminati. Rare steak harus hangat di bagian tengahnya, sedikit gosong atau kecoklatan di bagian sisi, dan berwarna merah cerah di bagian tengahnya.
Tekstur rare steak akan terasa lembut ketika disentuh atau mirip daging mentah, namun permukaannya kecoklatan. Cara memasak rare steak adalah sebagai berikut:
  • Letakkan daging dengan ketebalan 1 inci di atas panggangan panas, kemudian masak selama 5 menit.
  • Balik dan lanjutkan memanggang selama 3 menit atau hingga suhu internal daging berada pada 49-55°C.

2. Medium rare steak

Medium rare dianggap sebagai tingkat kematangan steak yang paling enak dan paling direkomendasikan. Bagian tengah medium rare steak harus hangat dengan banyak warna merah muda dan sedikit merah.
ADVERTISEMENT
Sisi-sisi medium rare steak harus berwarna kecoklatan serta bagian atas dan bawahnya berwarna coklat tua karena terjadi karamelisasi oleh panggangan. Cara memasak medium rare steak adalah sebagai berikut:
  • Letakkan daging dengan ketebalan 1 inci di atas panggangan panas, kemudian masak selama 5 menit.
  • Balik dan lanjutkan memanggang selama 4 menit atau hingga suhu internal daging 55-57°C.
Ilustrasi Steak. Foto: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Steak. Foto: pixabay.com

3. Medium steak

Tampilan bagian tengah medium steak harus menyerupai pita tebal berwarna merah muda di tengahnya, tetapi lebih didominasi oleh warna kecoklatan di sisi luarnya. Lalu, sisi-sisi medium steak berwarna coklat serta bagian atas dan bawahnya coklat gelap (seperti gosong). Cara memasak medium steak adalah sebagai berikut:
  • Letakkan daging dengan ketebalan 1 inci di atas panggangan panas, kemudian masak selama 6 menit.
  • Balik dan lanjutkan memanggang selama 4 menit atau hingga suhu internal daging berada pada 60-66°C.
ADVERTISEMENT

4. Well done steak

Well done steak merupakan tingkat kematangan yang paling sulit untuk dimasak. Itu karena daging harus dimasak hingga tidak lagi merah muda, namun tetap jangan sampai membuatnya kering (overcook). Steak ini akan terasa padat saat disentuh. Cara memasak well done steak adalah sebagai berikut:
  • Letakkan daging dengan ketebalan 1 inci dan panggang dengan api sedang dalam waktu 10-12 menit per sisinya atau sampai suhu internal daging berada pada 77°C atau lebih tinggi.
(DND)