kumparan
search-gray
Tekno & Sains2 April 2020 15:20

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat di Rumah Aja

Konten kiriman user
Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat di Rumah Aja (214614)
Ilustrasi saluran pencernaan manusia. Foto: Elionas2 via pixabay
Penerapan kebijakan 'di rumah aja' guna memutus mata rantai sebaran virus corona masih diperpanjang. Kondisi ini berimbas pada segala aspek, terutama makanan.
ADVERTISEMENT
Sebagian orang akhirnya memilih untuk mengonsumsi makanan siap saji, seperti mie instan atau junk food. Makanan-makanan ini tentunya tidak baik untuk sistem pencernaan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi corona ini akan berdampak pada gangguan di pencernaan. Oleh sebab itu, Anda tetap harus menjaga kesehatan saluran cerna meski dalam kondisi seperti ini.
Hal utama yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah asupan makanan. Adapun cara yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya sebagai berikut:

Hindari Junk Food

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat di Rumah Aja (214615)
Ilustrasi junk food, makanan yang tidak baik untuk saluran cerna. Foto: Unsplash
Meskipun kondisi saat ini menuntut Anda untuk lebih banyak waktu di rumah, bukan berarti bisa mengonsumsi makanan olahan setiap harinya. Sebaiknya, Anda tetap memasak agar memperoleh makanan yang sehat dan saluran cerna tetap dalam keadan prima.
ADVERTISEMENT
Jangan jadikan aturan “di rumah aja” sebagai alasan untuk Anda tidak mengolah makanan sendiri. Pasalnya, sekarang sudah banyak toko belanja online yang juga menyediakan kebutuhan pangan sehari-hari, seperti sayur dan buah.

Perbanyak Makan Serat

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat di Rumah Aja (214616)
Ilustrasi makanan tinggi serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Foto: Unsplash
Dengan memasak makanan sendiri, Anda tentunya bisa memilih beragam bahan yang akan digunakan. Pastikan setiap hari Anda mengolah bahan makanan yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh, seperti serat.
Ini akan membantu kerja saluran cerna menjadi lebih mudah, sehingga tidak menimbulkan sembelit. Anda bisa mendapatakan serat tersebut dari sayuran hijau, buah serta beberapa jenis biji-bijian.

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat di Rumah Aja (214617)
Ilustrasi yoghurt makanan yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Foto: Unsplash
Probiotik merupakan bakteri baik yang membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang dapat menimbulkan gangguan. Mengonsumsi probiotik secara rutin tentunya akan membuat sistem pencernaan terjaga kesehatannya. Anda bisa mendapatkan probiotik di dalam sejumlah produk makanan seperti yoghurt, kimchi, keju, serta susu fermentasi.
ADVERTISEMENT
Di masa karantina ini Anda perlu menyediakan produk-produk tersebut di dalam lemari es untuk dikonsumsi kapan saja. Ini akan membuat diri Anda terhindar dari berbagai gangguan saluran pencernaan.

Kendalikan stres

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat di Rumah Aja (214618)
Ilustrasi istirahat yang cukup guna mengendalikan stres. Foto: Unsplash
Mengkarantina diri akan cenderung membuat anda menjadi stres. Kondisi ini tentunya tidak baik untuk kesehatan, terutama pada pencernaan.
Saat stres, tubuh akan menghasilkan kortisol dalam jumlah yang besar. Hormon tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.
Selain itu, stres juga akan membuat pola makan menjadi tidak terkontrol. Ini juga akan membuat lambung mengalami permasalahan.
Oleh sebab itu, Anda perlu mengelola stres sebaik mungkin. Mendengarkan musik serta istirahat yang cukup dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya.
ADVERTISEMENT
(RAA)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white