Ucapan Selamat Hari Raya Galungan 2024 untuk Teman dan Keluarga

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
28 Februari 2024 14:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ucapan Selamat Hari Raya Galungan. Foto: Pexels.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ucapan Selamat Hari Raya Galungan. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
Umat Hindu di Bali tengah memperingati Hari Raya Galungan, Rabu (28/2/2024). Momen istimewa ini dapat dirayakan dengan berbagai cara, salah satunya dengan bertukar ucapan selamat Hari Raya Galungan 2024.
ADVERTISEMENT
Ucapan Hari Raya Galungan bisa dijadikan perayaan bersama atas kemenangan melawan adharma (kejahatan/kegelapan). Ucapan ini juga dapat dijadikan sebagai doa agar senantiasa dilindungi Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
Sebelum melihat referensi ucapan selamat Hari Raya Galungan 2024, simak makna perayaan tersebut terlebih dahulu.

Makna Hari Raya Galungan

Ilustrasi Ucapan Selamat Hari Raya Galungan. Foto: A.NTARA
Hari Raya Galungan diperingati setiap 210 hari sekali, tepatnya pada Budha Kliwon Dungulan atau (Rabu Wuku Kliwon Dungulan) dalam kalender Bali. Dikutip dari situs Pemerintah Kabupaten Buleleng, galungan berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya bertarung. Galungan juga kerap disebut sebagai dulungan yang artinya menang.
Sejatinya, Hari Raya Galungan memperingati terciptanya alam semesta dan seluruh isinya. Pada hari ini, umat Hindu juga merayakan kemenangan dharma (kebaikan) atas adharma (kejahatan).
ADVERTISEMENT
Inti dari perayaan Galungan adalah menyatukan kekuatan rohani agar mendapat pendirian serta pikiran yang terang untuk menjalankan dharma dalam kehidupan.
Sebagai bentuk ungkapan syukur, umat Hindu akan merayakan Hari Raya Galungan ini dengan melakukan persembahan kepada Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara.
Umat Hindu Bali akan memasang Penjor (semacam hiasan bambu) di tepi jalan rumahnya. Selain itu, masyarakat Hindu Bali juga akan melakukan penyucian diri sebelum berkunjung ke rumah sanak saudara.

Ucapan Selamat Hari Raya Galungan 2024

Ilustrasi Ucapan Selamat Hari Raya Galungan. Foto: Pexels
Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ucapan selamat Hari Raya Galungan 2024 yang bisa diberikan kepada teman dan keluarga.
ADVERTISEMENT
(GLW)