kumparan
26 Okt 2018 8:31 WIB

Fahmi Bo Terkena Stroke, Ini 4 Gejala yang Patut Kamu Waspadai

Fahmi Bo. (Foto: Instagram @fahmibo280173)
Aktor Fahmi ternyata sudah dua bulan belakangan menderita stroke. Pemeran Gusur dalam serial 'Lupus Millenia' itu pun harus meninggalkan rutinitas agar kondisi kesehatannya membaik.
ADVERTISEMENT
Stroke itu sendiri terjadi karena terputusnya suplai darah ke otak. Karena tidak memperoleh suplai darah yang cukup, sel otak itu kemudian mati dan dapat menyebabkan kelumpuhan.
Biasanya beberapa gejala mulai muncul di saat seseorang terkena penyakit stroke. Melansir Express, ada empat gejala utama stroke yang mudah untuk dikenali.
1. Kesulitan berbicara
(Foto: pexels.com)
Kesulitan berbicara menjadi tanda paling umum seseorang terkena stroke. Orang yang terkena stroke biasanya mengalami kesulitan berbicara dan mengucap kata dengan benar.
2. Penglihatan terganggu
(Foto: pexels.com)
Gejala awal stroke yang sering dianggap remeh oleh seseorang ialah penglihatan yang terganggu secara tiba-tiba. Padahal, kaburnya penglihatan seseorang terutama di salah satu mata merupakan gejala umum penyakit stroke.
3. Sulit untuk menggerakkan wajah
(Foto: pexels.com)
ADVERTISEMENT
Penyakit stroke membuat wajah akan terlihat menurun pada satu sisi karena mati rasa. Seseorang yang terkena penyakit ini biasanya memiliki bentuk bibir yang tidak selaras karena mereka mengalami kesulitan untuk menggerakkannya.
4. Sulit menyeimbangkan tubuh
(Foto: pexels.com)
Kesulitan untuk berjalan, berdiri, ataupun melakukan aktivitas gerak lainnya menjadi pertanda gejala stroke. Tanda-tanda serupa lain seperti kesulitan untuk menulis juga patut untuk waspadai. Pasalnya, seseorang yang terkena stroke akan mengalami kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari karena kurangnya asupan darah dan oksigen ke otak.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan