kumparan
KONTEN PENGGUNA
28 Januari 2020 17:02

Video Penangkapan Tuyul di Jawa Timur yang Hebohkan Warga

tuyul(1).png
Foto penangkapan tuyul di Jawa Timur. (Foto: Twitter @sayaang_jk)
Aksi penangkapan tuyul di Jawa Timur baru-baru ini membuat masyarakat heboh. Bahkan, videonya pun viral setelah beredar di media sosial, khususnya Twitter.
ADVERTISEMENT
Video dan kisah penangkapan tuyul itu dibagikan oleh pemilik akun Twitter bernama @sayaang_jk, Jumat lalu (24/1). Dalam cuitannya, ia menceritakan kejadian itu bermula ketika warga kampungnya yang berada di Jawa Timur mendadak kehilangan uang dengan nilai hingga jutaan rupiah.
Bahkan, nenek pemilik akun tersebut juga menjelaskan bahwa neneknya pun mengalami hal serupa. Sejumlah uang pensiunan yang didapat mendadak hilang saat hendak digunakan untuk belanja.
"Nenek aku pernah jadi korban juga. Jadi, saat itu nenek dapat duit dari uang pensiun, mau dibelanjain kok ngurang 250 ribu. Nenek aku ngerasa aneh, tapi malah dia nyalahin kakek aku," tulisnya.
tuyul_1(2).png
Foto penangkapan tuyul di Jawa Timur. (Foto: Twitter @sayaang_jk)
Ada juga salah satu keluarga yang semua uang tabungannya raib tanpa jejak. Padahal uang tersebut akan digunakan untuk persiapan acara pernikahan. Belum lagi banyak warga yang tinggal di kos pun mengalami hal serupa.
ADVERTISEMENT
Mulanya, warga setempat menganggap kejadian tersebut karena ulah pencuri yang berkeliaran. Namun, warga merasa ada yang aneh setelah menemukan jejak darah di beberapa rumah pada Rabu malam (22/1). Yang lebih membuat curiga yaitu jejak darah tersebut menyerupai telapak kaki anak kecil.
"Terus pas Rabu malam ada kejadian aneh. Tiba-tiba ada darah di tembok beberapa rumah warga. Kata warga darah itu merupakan jejak kalau ada tuyul," lanjutnya.
Atas penemuan tersebut, warga menyimpulkan bahwa hilangnya uang warga secara misterius diduga kuat karena ulah tuyul. Oleh karena itu, mereka pun berinisiatif untuk menangkap makhluk halus yang digambarkan sebagai anak kecil itu.
Pada Kamis malam (23/1) warga pun berusaha menangkap tuyul dengan meminta bantuan kepada salah satu pawangnya atau orang pintar. Mereka pun menyiapkan perangkap berupa kain dan lilin yang sudah dinyalakan untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam sebuah toples.
ADVERTISEMENT
Setelah persiapan selesai, azan pun dikumandangkan agar tuyul mau menghampiri perangkap yang sudah disiapkan. Namun, ada hal cukup menegangkan yang terjadi. Saat azan dikumandangkan, toples yang digunakan sebagai perangkap tiba-tiba meledak dan mencoba menjauh dari kerumunan warga.
"Tiba-tiba saat diazanin, toplesnya mbledos (meledak) dan mencoba menjauh dari warga," jelasnya.
Setelah berhasil masuk perangkap, warga kemudian melakukan interogasi. Termasuk di dalamnya, menanyakan siapa majikan atau orang yang menyuruh sosok tuyul tersebut.
"Tuyulnya ketangkep ya udah tuyulnya ditanyain gitu siapa yang nyuruh. Terus dia jawab melalui tulisan yang berbentuk abu," ungkapnya.
Pemilik akun tersebut mengungkapkan bahwa sosok tuyul tersebut mirip dengan seorang bayi yang meninggal akibat keguguran. Warga kemudian menguburkan tuyul tersebut bersama dengan toples yang telah ditutup.
ADVERTISEMENT
Ia juga mengaku sebelumnya tidak terlalu percaya dengan adanya tuyul yang mencuri uang. Namun, kejadian itu membuatnya kini percaya bahwa makhluk gaib serta pesugihan menggunakan tuyul memang ada.
Kendati demikian, belum diketahui kebenaran dari video dan cerita penangkapan tuyul di Jawa Timur yang viral itu. Dalam cuitannya, pemilik akun tersebut juga mengungkapkan dirinya tidak memaksa orang lain percaya dengan apa yang ia ceritakan Namun, terlepas dari itu, banyak warganet merasa hal sedemikian itu bukanlah hal baru. (zhd)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan