kumparan
KONTEN PENGGUNA
26 Maret 2020 15:19

Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Hanguskan Garansi Mobil Kamu

ga.jpg
Area servis diler mobil Honda di Bekasi (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Saat membeli mobil dengan kondisi baru, sebagian pemiliknya akan melindungi kendaraanya dengan garansi. Tapi, banyak juga garansi yang sudah termasuk paket pembelian harga awal.
ADVERTISEMENT
Namun, banyak pemilik kendaraan yang langsung memodifikasi mobil barunya sesuai keinginan. Sebab, bagi sebagian pemilik kendaraan, modifikasi adalah sebuah representasi dari pemilik kendaraan tersebut.
Kendati demikian, kamu terlu berhati-hati. Modifikasi yang tak sesuai anjuran bengkel resmi dapat membuat garansi mobil kamu tak berlaku lagi atau hangus.
Hal apa saja yang dapat membuat garansi mobil menjadi hangus? Berikut penjelasannya.

Modifikasi pada Mesin Mobil

m.jpg
Tampilan Mesin Peugeot 306 N3 setelah dipasang turbocharger Foto: dok. Istimewa
Mesin adalah bagian paling penting dalam sebuah kendaraan bermotor. Sebab, mesin akan memengaruhi laju dari sebuah kendaraan.
Meski begitu, tak sedikit pemilik kendaraan yang tak puas dengan performa mesin standar pabrikan. Akhirnya memodifikasi mesin, seperti penambahan piggyback pada Electronic Control Unit (ECU) untuk meningkatkan kecepatan sebuah mobil.
Hal ini sangat berisiko pada mesin mobil. Oleh karena itu, pihak dealer tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi akibat modifikasi pada mesin mobil.
ADVERTISEMENT

Mengganti Perangkat Audio

a.jpg
Berbagai macam tombol audio setir mobil (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Fungsi audio pada sebuah mobil tak hanya sebagai hiburan. Saat ini sudah banyak berkembang menjadi sebuah perintah suara yang bisa mengikuti instruksi pemiliknya saat berada di dalam mobil.
Namun, pemasangan audio yang tak sesuai dengan saran dari dealer akan mengakibatkan arus listrik tak stabil. Hal terburuknya bisa membuat mobilmu terbakar.
Bila ingin modifikasi audio, ada baiknya konsultasi kepada pihak dealer. Tujuannya, agar garansi mobil kamu tidak hangus.

Kecerobohan atau Kelalaian Pengemudi

v.jpg
Kendaraan melintas banjir Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (8/2). Foto: Andrias Ekoyuono/kumparan
Dalam hal ini, segala sesuatu yang sudah diketahui risikonya pemilik kendaraan, tapi tetap dilakukan juga bisa menghanguskan garansi dari dealer. Seperti halnya nekat melintasi banjir, padahal itu jelas bisa membuat mobil mogok dan mati.
Contoh kelalaian lainnya yaitu membawa muatan melebihi kapasitas atau overloading, pemakaian aditif, kecelakaan karena balapan, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT

Kesalahan Perawatan

dd.jpg
com-Ilustrasi Mengisi Bahan Bakar Kendaraan Foto: Shutterstock
Banyak dari pemilik kendaraan yang tidak menyadari akan hal ini. Perawatan yang dimaksud di sini yaitu segala sesuatu yang sudah disarankan oleh dealer. Namun, jika hal ini diabaikan oleh pemilik kendaraan, itu bisa saja membuat garansi menjadi tidak berlaku.
Misalnya menggunakan bahan bakar di bawah standar yang disarankan oleh dealer yang akan membuat performa mesin menurun. Oleh karena itu perhatikan dengan benar apa yang boleh dan tidak boleh di buku panduan pemilik kendaraan ya. (kur)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan