Entertainment
·
21 November 2020 11:00

Meski Beda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Hidup Rukun dengan Orang Tua

Konten ini diproduksi oleh Berita Selebritis
Meski Beda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Hidup Rukun dengan Orang Tua (53214)
Lebaran ala Dian Sastrowardoyo saat pandemi. Foto: Instagram / @therealdisastr
Perbedaan agama banyak terjadi dalam sebuah keluarga. Ada anak yang memilih memeluk kepercayaan berbeda dengan orang tuanya. Kendati demikian, mereka tetap mampu hidup rukun meski berbeda agama.
ADVERTISEMENT
Seperti yang halnya keluarga selebriti ini, yang ternyata memiliki perbedaan agama dengan orangtuanya. Meski begitu, mereka terlihat tetap akur dan malahan saling menghadiri acara satu sama lain. Berikut ulasannya.

1. Nana dan Naysilla Mirdad

Meski Beda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Hidup Rukun dengan Orang Tua (53215)
Nana Mirdad, Jamal Mirdad, dan Naysilla Mirdad. Foto: Instagram @naymirdad
Siapa yang enggak kenal dengan kedua kakak beradik ini? Nana dan Naysilla Mirdad merupakan anak dari pasangan Lidya Kandou dan Jamal Mirdad yang menikah pada tahun 1986. Pernikahan beda agama, yaitu Lydia menganut agama Kristen dan Jamal menganut agama Islam, kandas pada tahun 2013.
Keduanya dikaruniai empat orang anak yaitu Nana Mirdad, Naysilla Mirdad, Kenang Kana, dan Nathana Gaza. Namun hanya Nana dan Naysilla yang mengikuti kepercayaan sang ibu, sedangkan dua anak lainnya ikut kepercayaan Jamal.
ADVERTISEMENT
Meski orangtuanya telah bercerai, enggak menghalangi keluarga Mirdad untuk tetap harmonis. Bahkan Nana yang kini menetap di Bali, setelah menikah dengan Andrew White itu, masih suka mengunjungi kedua orang tuanya. Natal maupun lebaran, mereka selalu menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama.

2. Reza Rahadian

Meski Beda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Hidup Rukun dengan Orang Tua (53216)
Reza Rahadian dan Pratiwi Widiantini Matulessy. Foto: Instagram @officialpilarez
Pria yang sering mendapatkan penghargaan sebagai pemeran utama pria terbaik itu lahir dari orangtua yang berbeda agama. Ayahnya yang bernama Rahim diketahui beragama Islam, dan ibunya Pratiwi Widiantini Matulessy diketahui beragama Nasrani.
Sejak kedua orangtuanya berpisah, Reza Rahadian dirawat oleh ibunya sejak kecil. Reza mengungkapkan bahwa dia mengikuti agama sang ayah meskipun dia belum pernah bertemu dengan ayahnya yang berdarah Iran tersebut.
Walaupun Reza dikelilingi oleh keluarga non-muslim, Reza tetap menjalani kewajiban agama yang dipeluknya dengan baik. Memiliki hubungan yang sangat harmonis dengan sang ibu, ibunyapun terus mendukung dan menghargai setiap keputusannya, termasuk juga karier Reza.
ADVERTISEMENT

3. Asmirandah

Meski Beda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Hidup Rukun dengan Orang Tua (53217)
Asmirandah dan Jonas Rivano. Foto: Instagram / @asmirandah89
Artis yang kariernya melejit ketika bermain sinetron ini ternyata lahir di keluarga muslim. Bahkan, Asmirandah diketahui telah menjadi seorang muslim sejak kecil. Ketika dinyatakan resmi menjadi suami-istri dengan Jonas Rivano, yang merupakan seorang non-muslim, Asmirandah tetap teguh berpegang pada agamanya.
Meskipun Jonas sempat dikabarkan mengikuti keyakinan Asmirandah, namun kini keduanya dinyatakan telah resmi menjadi keluarga non-muslim. Keduanya juga sering mengikuti pelayanan agama di gerejanya.
Keluarga Asmirandahpun sempat belum bisa nerima Jonas, hingga akhirnya mereka bisa menghargai keputusan Asmirandah yang menjadikan Jonas sebagai suaminya, sekaligus berpindah keyakinan.

4. Shandy Aulia

Meski Beda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Hidup Rukun dengan Orang Tua (53218)
Shandy Aulia dan ketiga kakaknya. Foto: Instagram @shandyaulia
Belum lama ini, artis Shandy Aulia mengunggah sebuah konten di Youtubenya, menjelaskan bagaimana rasanya memiliki keyakinan yang berbeda dengan saudaranya.
ADVERTISEMENT
Awal mulanya, Shandy lahir dari orangtua yang berbeda keyakinan. Kedua orang tuanya diketahui menjalani pernikahan beda agama, sang ayah, Kemas Yusuf Effendy menganut agama Islam, sedangkan sang ibu, Elsye Dopong menganut agama Kristen.
Sayangnya, orangtuanya memutuskan untuk berpisah ketika Shandy masih berusia 3 tahun. Meski begitu, Shandy dan ketiga kakak perempuannya berhasil melewati itu semua, meskipun akhirnya Shandy memutuskan untuk mengikuti kepercayaan ibunya.
Meski Beda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Hidup Rukun dengan Orang Tua (53219)
Shandy Aulia saat menghadiri gala premiere film 'Cinta Itu Buta', di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Senin (7/10). Foto: D.N Mustika Sari/kumparan
Shandy mengungkapkan bahwa ia dan keluarganya tetap menjalankan hubungan yang harmonis dalam sebuah perbedaan. Mengasihi tanpa syarat menjadi kunci utama yang dilakukan oleh Shandy selama ini.
Istri dari David Herbowo ini pun sempat mengungkapkan kalau perbedaan bukanlah sesuatu yang harus diperdebatkan dan membuat satu sama lain saling menjauh, apalagi sampai menimbulkan perpecahan.
ADVERTISEMENT
"Perbedaan dihadirkan bukan untuk di perdebatkan hingga saling menjauhkan bahkan saling Menekan satu sama lain, Tetapi untuk mengingatkan bahwa luar biasa Tuhan kita dapat mengadakan semuanya ini. Tetapi lebih dari semua perbedaan,ada kelebihan dan keindahan dari setiap perbedaan kami. Masing masing kita memiliki Anugrah yang akan saling mengisi satu sama lain di dalam setiap kelemahan kami," tulis Shandy dalam akun Instagram pribadinya.

5. Dian Sastrowardoyo

Meski Beda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Hidup Rukun dengan Orang Tua (53220)
Ardinia Wirasti dan Dian Sastrowardoyo. Foto: Instagram @therealdisastr
Dian Sastrowardoyo alias Dian Sastro, selebriti yang berperan sebagai Cinta pada film AADC ini memang lahir dari keluarga non-muslim. Namun, saat menginjak usia dewasa, putri pasangan Ariawan Rusdianto Sastrowardoyo dan Dewi Parwati Setyorini ini memutuskan untuk menjadi mualaf. Dian pun diketahui mengucapkan dua kalimat syahadat pada tahun 2006.
ADVERTISEMENT
Keputusan menjadi mualaf itu pun bukan lantaran Dian akan menikah dengan Maulana Indraguna Sutowo, tapi murni karena pilihan hatinya. Bahkan sang ibu yang menganut agama Katolik mendukung niat Dian saat menjadi mualaf. Tak hanya itu ia juga meminta Dian untuk bisa khatam Al-Qur'an sebelum akhirnya ia menikah dengan Indraguna.
Hal itu sempat terungkap saat Dian mengunggah fotonya yang sedang khatam Al-Qur'an sebelum akad nikah.
Meski Beda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Hidup Rukun dengan Orang Tua (53221)
Dian Sastro Foto: Munady Widjaja
"Mama aku yang Katolik benar-benar supportif dan mendukung aku untuk khatamin Qur'an sebelum menikah. Dia bahkan ikut terharu pas aku melafalkan ayat ayat juz amma di akhir pembacaan Qur'an, dia tau usaha aku yg les ngaji terus terusan demi bisa selesai sebelum nikah. Mama aku selalu supportif dengan pilihan spiritual aku, kata mama: agama apapun yang kamu pilih boleh saja asal harus dengan satu syarat: harus benar benar taat dan khusyuk kalo lagi ibadah!!," tulis Dian.
ADVERTISEMENT
"Moral of the story is, apapun agama kamu, pastikan itu hubungan mu sendiri dengan Yang Maha Kuasa. Dan yang pasti alhamdulillah di keluarga aku walaupun berbeda-beda tapi kita semua tetap saling menghormati dan saling cinta," lanjutnya. (bel)