Persaingan 10 Film Terbaik Indonesia dalam IBOMA 2020

Konten dari Pengguna
7 Maret 2020 12:03 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Selebritis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Konferensi Pers Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2020. Foto: Novita Sari Satyaningrum/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Konferensi Pers Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2020. Foto: Novita Sari Satyaningrum/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2020 memasuki tahun kelima. Acara ini akan diselenggarakan pada 20 Maret 2020.
ADVERTISEMENT
Sepuluh film Indonesia terlaris sepanjang tahun 2019 siap berkompetisi dalam salah satu ajang penghargaan bergengsi perfilman Indonesia. Mulai dari 'Dilan 1991', 'Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan', dan 'Dua Garis Biru' menjadi tiga film terlaris sepanjang 2019.
Diikuti oleh 'Danur 3: Sunyaruri', 'Habibie & Ainun 3', 'My Stupid Boss 2', 'Perempuan Tanah Jahanam', 'Kuntilanak 2', 'Keluarga Cemara', dan 'Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot'.
Sutradara sekaligus produser Ifa Isfansyah yang menjadi Ketua Dewan Juri IBOMA 2020 mengungkapkan bahwa kurasi pemilihan 10 film tersebut berdasar jumlah penonton terbanyak.
Ifa Isfansyah. (Foto: Munady Widjaja/kumparan)
“Yang paling menarik adalah sistem kurasi di IBOMA ini sangat jelas, bahwa yang dipilih adalah 10 film yang memang mempunyai penonton terbanyak. Dan, itu sudah tidak diperdebatkan lagi,” kata Ifa Isfansyah saat jumpa pers IBOMA 2020 di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/3).
ADVERTISEMENT
Proses penjurian pun telah dilakukan secara tertutup sejak 19 Februari 2020. Adapun juri lain yang didapuk dalam IBOMA kelima ini, antara lain Sheila Timothy (produser), Maudy Koesnaedy (aktris), Andy Pulung (editor), Vino G Bastian (aktor), Benni Setiawan (sutradara), dan Darius Sinathrya (aktor & Produser).
Akan ada 15 kategori dalam IBOMA 2020 ini. Beberapa kategorinya yaitu Film Box Office Tahun Ini, Film Box Office Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.
Selain itu, ada juga kategori Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Poster Terbaik, Trailer Terbaik, Produser Film Of The Year, OST Film Terbaik, Ensemble Talent Terbaik, dan TOP 10 Film Box Office Tahun Ini.
ADVERTISEMENT
Ada juga dua kategori baru, yaitu Aktor dan Aktris Terpopuler. Untuk kategori ini akan dipilih melalui voting di media sosial, seperti Vidio, Instagram, Facebook, dan Twitter.
Vino G. Bastian, aktor Indonesia. (Foto: Prabarini Kartika/kumparan)
Sementara dalam proses penjurian, aktor Vino G Bastian mengaku sangat menikmatinya. Selain itu, ia juga mengaku mendapatkan banyak ilmu baru tentang bagaimana perkembangan industri film di Indonesia. Juga bagaimana melihat sudut pandang dari sebuah film.
So far tadi seru banget. Banyak banget yang sudah nyiapin (bahan dan kandidat) dari rumah, terutama saya. Saya mikir kaya gini, ternyata dapet pencerahan dari teman-teman semua, ‘oh saya berbelok nih’. Jadi seru banget sih,” kata Vino G Bastian.
Dalam kesempatan yang sama Darius Sinathrya juga menambahkan tentang keberagaman genre film yang ada dalam IBOMA 2020. Bahkan, ada juga film yang menurutnya sangat jarang di Indonesia. Namun, karena cerita dan temanya bagus, film tersebut bisa masuk dalam 10 film terbaik.
ADVERTISEMENT
“Cukup kaya dengan genre. Bahkan ada satu film yang mungkin cukup jarang di Indonesia, tapi bisa masuk top 10 dan jadi salah satu bahan diskusi hangat. Juga membicarakan ceritanya, temanya,” kata Darius.
Malam puncak IBOMA 2020 akan digelar pada Jumat, 20 Maret mendatang. Acara ini akan disiarkan secara langsung di stasiun televisi SCTV. (nov)