5 Tips Memilih Hard Disk Eksternal agar Tak Salah Beli

Konten dari Pengguna
8 April 2020 15:12
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
5 Tips Memilih Hard Disk Eksternal agar Tak Salah Beli (214538)
searchPerbesar
Ilustrasi penggunaan hard disk eksternal. Foto: Pexels
Ketika hard disk laptop atau komputer penuh, apa yang harus kita lakukan? Ya, gunakan hard disk eksternal. Hard disk eksternal dapat kamu jadikan alternatif untuk menyimpan data-data penting apabila memori atau hard disk internal laptop penuh.
ADVERTISEMENT
Saat ini, sudah banyak macam dari hard disk eksternal yang bisa kamu pilih. Kapasitas mulai 500 GB, 1 TB hingga 2 TB. Selain dari segi kapasitas, ada hal lain yang mesti kamu perhatikan sebelum membeli hard disk eksternal. Supaya tak menyesal dan salah beli, berikut tips memilih hard disk eksternal.

1. Pilih kapasitas sesuai kebutuhan

Pertimbangan utama dalam memilih hard disk eksternal tentu kapasitas penyimpanan. Pilih hard disk sesuai kebutuhanmu. Umumnya, ukuran kapasitas penyimpanan hard disk tersedia mulai 500 GB sampai 2 TB.
Jika kamu ingin menyimpan file-file pekerjaan penting dan hiburan secara bersamaan, kiranya hard disk eksternal dengan ukuran 1 TB hingga 2 TB masuk akal untuk kamu pilih.
ADVERTISEMENT

2. Kecepatan rotasi dan konektivitas

Hal yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah kecepatan rotasi hard disk dan konektivitas. Kecepatan rotasi hard disk beragam mulai dari 5400 rpm hingga 10000 rpm. Hard disk dengan kecepatan 10000 rpm akan menyuguhkan performa lebih baik ketimbang hard disk 5400 rpm dalam memindai dan memindahkan data.
Konektivitas juga berpengaruh terhadap kecepatan memindahkan data. Saat ini banyak hard disk eksternal menggunakan port USB 3.0 dan 2.0 untuk memindahkan data.
Sebagai gambaran, USB 3.0 memindahkan data dengan kecepatan 5Gbps dan jauh lebih cepat dibanding USB 2.0 yang hanya sebesar 480Mbps.

3. Ukuran dan ketahanan

Pertimbangan lain yang perlu kamu pikirkan adalah ukuran dan bentuk dari hard disk eksternal. Saat ini sudah semakin banyak hard disk eksternal dengan berbagai ukuran. Ada baiknya kamu memilih ukuran yang tak terlalu besar demi tujuan mobilitas.
ADVERTISEMENT
Selain ukuran, tentu ketahanan dari hard disk tersebut juga perlu dipertimbangkan karena berisi data-data penting. Pilih hard disk dengan fitur seperti shockproof dan waterproof agar hard disk menjadi lebih awet

4. Fitur dan garansi

Untuk tips selanjutnya tak kalah penting, yaitu fitur dan garansi. Saat ini, sudah banyak hard disk eksternal yang dilengkapi dengan fitur yang mendukung performa hard disk di antaranya adalah backup dan password protection.
Layaknya perangkat elektronik lain, hard disk eksternal juga dilengkapi dengan garansi. Ada baiknya jika kamu memilih untuk membeli hard disk dengan garansi resmi sehingga tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu hard disk mu mengalami kerusakan.

5. Harga

Tips terakhir perhatikan kesesuaian harga dengan kapasitas serta fitur dari hard disk eksternal pilihanmu. Biasanya hard disk eksternal dengan kapasitas besar dan fitur mumpuni tidak semurah hard disk eksternal yang polos tanpa fitur.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa menjadikan nama-nama besar di pasar hard disk sebagai referensi. Meski cenderung agak mahal, setidaknya mereka memberikan jaminan kualitas produk. Jadi, jangan sampai tergiur dengan harga murah yang tak wajar ya.(fit)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020