kumparan
KONTEN PENGGUNA
26 Maret 2020 13:32

Tips Sederhana Percepat Koneksi Internet untuk Android

photo-of-a-surprised-woman-3775147.jpg
Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Berselancar di internet menggunakan smartphone menjadi rutinitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Ya, menghabiskan waktu di sosial media atau sekadar browsing berbagai tips di internet adalah beberapa diantaranya.
ADVERTISEMENT
Ketika menggunakan internet tentu koneksi tidak akan selalu cepat. Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh sinyal yang lemah atau hal lain. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat koneksi internet pada smartphone milikmu.

1. Menggunakan jaringan 4G Only atau 3G Only

Perangkat Android biasanya dilengkapi dengan pemilihan opsi jaringan. Ya, kalian bisa mengatur untuk memilih jaringan 4G atau 3G yang digunakan.
Untuk ponsel yang mendukung opsi ini, kamu hanya perlu untuk membuka menu setting, lalu pilih mobile network dan network mode dan pilih hanya jaringan 4G atau 3G sesuai kebutuhanmu.

2. Hapus Junk dan Cache

Data cache yang sudah menumpuk dapat membuat HP menjadi lemot. Secara sederhana, Cache adalah data sementara yang disimpan pada media penyimpanan internal smartphone.
ADVERTISEMENT
Data ini berisi riwayat aktivitas kamu saat menggunakan aplikasi. Dengan menghapus junk dan cache tentu dapat menambah kecepatan smartphone dalam mengakses internet lantaran memori internal yang lebih kosong.

3. Tutup aplikasi yang sedang tidak digunakan

Membiarkan aplikasi yang tidak kamu gunakan tetap aktif dapat memperlambat performa smartphone. Hal tersebut juga dapat berpengaruh dari kecepatan smartphone dalam mengakses internet. Dengan menutup beberapa aplikasi yang tidak esensial, kamu dapat membantu performa ponselmu lebih cepat dalam mengakses internet.

4. Lakukan restart atau reboot secara berkala

Ketika menggunakan smartphone, kamu perlu melakukan penyegaran secara berkala. Ya, kamu bisa me-restart atau reboot untuk membuat ponselmu dalam kondisi ‘bersih’ dari banyak aplikasi yang memperlambat sistem. Dengan begitu, kamu dapat membuat ponselmu menjadi lebih cepat, terutama dalam mengakses internet.
ADVERTISEMENT

5. Gunakan Data Saver pada aplikasi browser

Beberapa aplikasi browser mempunyai fitur bernama data saver. Fitur ini utamanya berfungsi untuk menghemat kuota internet. Selain itu, ternyata fitur data saver dapat berdampak langsung pada kecepatan internet kamu ketika mengakses suatu situs saat mengaktifkannya.
Salah satu contoh alplikasi browser yang memiliki fitur ini adalah Google Chrome. Kamu bisa mengaktifkan fitur data saver pada aplikasi ini di smartphone Android milikmu.(fit)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan