Entertainment
·
12 Agustus 2020 2:06

Andrea Dian Edukasi Followernya soal Program Bayi Tabung

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini Artis
Andrea Dian Edukasi Followernya soal Program Bayi Tabung (242594)
Foto: Kumparan
Andrea Dian yang sudah menikah dengan Ganindra Bimo saat ini sedang menjalani program bayi tabung. Rencana program bayi tabung ini sempat tertunda pada bulan Maret 2020 lalu lantaran Andrea Dian terpapar Virus Corona (COVID-19). Setelah sembuh, program ini pun dimulai.
ADVERTISEMENT

Edukasi Follower

Dalam sebuah IGTV yang dibagikan oleh Andrea Dian, bintang film From Bandung with Love itu mengajak dokter yang menangani programnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Dokter tersebut adalah dr. Batara Imanuel Sirait, SpOG (K). Pada IGTV tersebut, sang dokter menjelaskan program bayi tabung yang sudah dijalankan oleh Andrea Dian.
"Yang dimaksud bayi tabung ini atau IVF (In Vitro Fertilization) sebenarnya mempertemukan antara sel telur istri dan sperma suami di luar tubuh," kata dr. Batara Imanuel Sirait, SpOG (K).
Lebih lanjut, dr. Batara juga menjelaskan proses program bayi tabung tersebut secara garis besarnya.
"Kita ambil sperma suami dan sel telur istri lalu dipertemukan di luar. Simpelnya seperti itu, sebenarnya prosesnya agak teknis," ucap dr. Batara.
ADVERTISEMENT
"Lalu setelah terbentuk embrio pilihannya dua yaitu bisa langsung ditanam ke rahim istri atau dibekukan dulu untuk next time pada waktu yang tepat bisa dimasukkan ke rahim istri," kata dr. Batara menambahkan.
Bayi tabung sendiri merupakan program yang sudah ada sejak lama. Tercatat, bayi pertama yang berhasil lahir dari program bayi tabung ini adalah Louise Brown pada tahun 1978 lalu. Sejak saat itu program ini berhasil melahirkan banyak bayi-bayi lainnya.