11 Contoh Soal Cerita KPK dan FPB dalam Matematika

Konten dari Pengguna
5 Agustus 2022 19:25
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
illustrasi contoh soal cerita KPK dan FPB dalam matematika. sumber: unsplash.com / dan cristian paduret
zoom-in-whitePerbesar
illustrasi contoh soal cerita KPK dan FPB dalam matematika. sumber: unsplash.com / dan cristian paduret
ADVERTISEMENT
Salah satu pelajaran dasar dalam matematika adalah kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB). Meskipun kedua hal ini berbeda, namun kedua hal ini memiliki hubungan erat. Tak jarang saat mengerjakan contoh soal, terdapat penggunaan KPK dan FPB secara bersamaan. Selain itu, KPK dan FPB juga dapat diterapkan secara praktis dalam kehidupan sehari-hari, sehingga penting bagi pelajar untuk dapat mengerjakan contoh soal cerita KPK dan FPB dalam pelajaran matematika sedini mungkin.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Pintar Mengerjakan PR Matematika SD Kelas 4 karya Ajen Dianawati(2008:75-78) KPK merupakan kelipatan persekutuan dua bilangan yang nilainya terkecil. Untuk menentukan KPK dari dua bilangan maka hal yang harus dilakukan adalah menentukan kelipatan dari kedua bilangan tersebut dan menentukan kelipatan persekutuan dari kedua bilangan.
Masih dari buku yang sama, FPB sendiri adalah merupakan faktor persekutuan dua bilangan atau lebih yang nilainya terbesar. Untuk menentukan FPB maka hal yang dilakukan adalah mencari faktor dari masing-masing bilangan terlebih dahulu dan mencari faktor persekutuan terbesar dari kedua bilangan tersebut.
illustrasi contoh soal cerita KPK dan FPB dalam matematika. sumber: unsplash.com / dan cristian paduret
zoom-in-whitePerbesar
illustrasi contoh soal cerita KPK dan FPB dalam matematika. sumber: unsplash.com / dan cristian paduret

Contoh Soal Cerita KPK dan FPB

Bagi Anda yang ingin mempelajari praktik KPK dan FPB dalam kehidupan sehari-hari, simak contoh soal cerita KPK dan FPB berikut ini untuk berlatih di rumah:
ADVERTISEMENT
  1. Bina memiliki 16 buah apel dan 8 buah pir. Bina ingin membagikan buah tersebut pada anggota keluarganya dengan jumlah yang sama banyak. Berapa bungkus buah yang bisa ia buat dan berapa isi masing-masing bungkus tersebut?
  2. Saat sedang berulang tahun, Mirna ingin membagikan 35 bungkus permen dan 45 bungkus chiki kepada teman-temannya kedalam kotak-kotak kecil. Berapa kotak yang bisa Mirna buat?
  3. Shinta pergi ke mall setiap 7 hari sekali, sedangkan Omas berkunjung ke mall setiap 14 hari sekali. Di hari keberapa Shinta dan Omas bertemu?
  4. Rendi memiiki 40 buah anggur dan 20 buah strawberry. Anggur dan strawberry tersebut akan dimasukkan ke dalam plastik yang jumlahnya sama besar. Berapa banyak plastik yang dibutuhkan untuk dapat membungkus buah tersebut dan berapa banyak masing-masing buah dalam setiap plastiknya?
  5. Joli berenang setiap 18 hari sekali, sedangkan Fathan berenang setiap 6 hari sekali. Jika dalam 2 bulan terdapat 60 hari, berapa kali Fathan dan Joli bertemu di kolam renang?
  6. Fila pergi ke tempat les setiap 2 hari sekali, sedangkan leli pergi ke tempat les setiap 3 hari sekali. Jika mereka pertama kali pergi ke tempat les pada hari senin, maka pada hari apa mereka kembali ke tempat les bersama-sama?
  7. Saat sedang mengadakan perkemahan, seorang kepala regu ingin membagi tiga kelas yang ada menjadi beberapa regu dengan banyak anggota yang sama. Kelas pertama terdiri dari 45 murid, kelas kedua terdiri dari 60 murid, dan kelas ketiga terdiri dari 50 murid. Berapa jumlah maksimum siswa di setiap kelompok?
  8. Desi memiliki 50 kelereng biru, 20 kelereng hijau, dan 45 kelereng biru. Berapa kaleng yang dibutuhkan Desi jika ia ingin menyimpan kelereng dengan jumlah yang sama di setiap kalengnya?
  9. Arif dan Kabir adalah dua orang supir taksi yang bekerja di perusahaan yang sama. Arif bekerja selama 6 hari lalu mendapatkan libur satu hari, sedangkan kabir bekerja selama 8 hari lalu mendapatkan libur selama 1 hari. Jika hari ini Arif dan Kabir libur bersamaan, berapa hari lagi mereka dapt libur bersama-sama kembali?
  10. Jika lampu A berkedip setiap 4 detik dan lampu B berkedip setiap 6 detik, kira-kira di detik keberapakah lampu ini dapat berkedip bersama-sama untuk pertama kalinya?
  11. Sebuah toko HP dikunjungi sales Samsung setiap 6 hari sekali, sales Oppo setiap 8 hari sekali, dan sales Vivo setiap 10 hari sekali. Jika pada tanggal 10 Januari ketiga sales dateng bersamaan, maka di hari apa ketiganya akan datang bersamaan kembali?
ADVERTISEMENT
Demikianlah 11 contoh soal cerita KPK dan FPB dalam pelajaran matematika sebagai bahan belajar di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (AGI)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G