2 Asas yang Dianut dalam Demokrasi Pancasila di Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
9 November 2022 17:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://unsplash.com/@mufidpwt - sebutkan dua asas yang dianut dalam demokrasi pancasila
zoom-in-whitePerbesar
https://unsplash.com/@mufidpwt - sebutkan dua asas yang dianut dalam demokrasi pancasila
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kehidupan masyarakat Indonesia dijalankan dengan berlandaskan pada demokrasi Pancasila. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang berdasarkan sila Pancasila yang dilihat sebagai suatu keseluruhan yang utuh. Coba sebutkan dua asas yang dianut dalam demokrasi Pancasila!
ADVERTISEMENT

Sebutkan Dua Asas yang Dianut dalam Demokrasi Pancasila!

Sebelum menjawab pertanyaan sebutkan dua asas yang dianut dalam demokrasi Pancasila, perlu kamu ingat lagi bahwa pengertian demokrasi Pancasila secara umum adalah sebuah paham demokrasi yang dilandasi oleh prinsip-prinsip yang terdapat dalam Pancasila. Demokrasi tersebut telah diyakini oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Sedangkan, konsep pemahaman demokrasi ini berasal dari asas-asas yang terkandung dalam Pancasila.

Asas-asas Demokrasi Pancasila

Mengutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Warga Negara yang Demokratis, Aim Abdulkarim, asas yang diterapkan dalam demokrasi Pancasila adalah:
1. Asas Kerakyatan
Asas Kerakyatan adalah asas yang mendasari kesadaran kecintaan terhadap rakyat, memiliki jiwa kerakyatan, baik nasib maupun cita-cita. Artinya, demokrasi Pancasila memiliki rasa cinta dan menyatu dengan rakyat, agar tercipta satu kesatuan dalam mencapai tujuan.
ADVERTISEMENT
2. Asas Musyawarah
Asas musyawarah merupakan asas yang menghimpun suara dan kehendak rakyat dalam kelompok musyawarah. Ini dilakukan dengan tujuan untuk menyatukan berbagai pendapat demi mencapai kesepakatan bersama yang dilandasi rasa kasih sayang, pengorbanan juga kebahagiaan seluruh anggota.
https://unsplash.com/@syahrulaw

Prinsip Demokrasi Pancasila

Selain asas yang dianut, demokrasi Pancasila juga memiliki beberapa prinsip, yaitu:
ADVERTISEMENT
Satu prinsip yang terakhir adalah adanya penjelasan mengenai pemerintahan dalam UUD, seperti:
Itulah tadi jawaban jika kamu diminta untuk sebutkan dua asas yang dianut dalam demokrasi Pancasila. Semoga bisa dipahami dengan baik. (DNR)