Mom
·
12 Januari 2021 20:10

20 Nama Bayi Laki-laki Islami, Terinspirasi dari Sahabat Nabi!

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
20 Nama Bayi Laki-laki Islami, Terinspirasi dari Sahabat Nabi! (123240)
Potret Bayi Laki-laki. Sumber: Unsplash.com
Nama menjadi penting karena akan selalu melekat pada diri kita. Dibalik nama, terselip doa dan juga harapan. Dalam ajaran Islam pun, kita diperintahkan untuk memperbagus nama dan panggilan. Hal inilah yang menjadi pertimbangan panjang bagi calon orang tua dalam menamai anak mereka. Berikut ini adalah beberapa pilihan nama bayi laki-laki islami yang dapat menjadi inspirasi. Nama-nama ini diadaptasi dari nama sahabat nabi, dengan disertai makna dan penjelasannya.
ADVERTISEMENT

Insipirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami

Berikut ini adalah 30 nama bayi laki-laki islami yang terinspirasi dari sahabat nabi, seperti dikutip dari hamariweb.com.
1. Abdurrahman
Diambil dari nama Abdurrahman bin Auf, salah satu orang pertama yang menerima Islam. Nama aslinya adalah Abdu Amru, tetapi Nabi Muhammad menamainya Abdurrahman setelah ia memeluk Islam. Abdurrahman berarti 'hamba Allah yang Maha Pengasih'.
2. Ammar
Diambil dari muhajir bernama Ammar bin Yasir, seorang sahabat yang dikenal karena pengabdiannya yang begitu tinggi pada agama Islam. Nama Ammar berarti ‘orang yang memelihara dan merawat sesuatu'. Selain itu ia juga berarti 'orang yang pekerja keras dan teliti'.
3. Anas
Anas bin Nadhar berasal dari suku Bani Khazraj dan merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad. Dia berperang dengan gagah berani melawan kaum musyrikin sampai akhirnya syahid dalam Pertempuran Uhud. Anas berarti 'kurangnya rasa takut dan khawatir'. Arti lainnya adalah 'orang yang memberikan kegembiraan dan kedamaian'.
ADVERTISEMENT
4. Bilal
Nama ini sangat populer di Bosnia dan Turki, bahkan umum bagi muslim di Amerika Serikat. Nama ini berasal dari Bilal bin Rabah, salah satu sahabat yang paling dipercaya dan setia kepada Nabi Muhammad. Arti dari Bilal adalah 'air' atau 'minuman dingin'.
5. Fayruz
Fayruz al-Daylami, sahabat Nabi Muhammad SAW keturunan Persia. Ibunya adalah seorang Arab, sementara ayahnya berasal dari Yaman. Ia merupakan orang yang berjasa dalam menumpas nabi palsu, Aswad al-Ansi. Fayruz berarti 'pirus'.
6. Hakim
Hakim bin Hizam adalah keponakan istri rasul, Khadijah. Hakim juga merupakan salah satu dari 99 nama Allah. Secara harfiah, Hakim berarti 'peneliti’, ‘hakim’, dan ‘pria yang terpelajar dan berwawasan'.
7. Hakim
Hashim bin Utbah bin Abi Waqas, yang juga keponakan Sa'd ibn Abi Waqqas. Ia adalah sahabat Nabi Muhammad SAW dikenal karena partisipasinya dalam Perang Ridda melawan suku Arab yang memberontak. Nama Hashim berarti 'penghancur kejahatan'.
ADVERTISEMENT
8. Hassan
Hassan adalah salah satu nama Arab yang sangat umum di berbagai belahan dunia. Arti nama ini adalah 'tampan, indah'. Sahabat nabi yang bernama ini yaitu Hassan bin Tsabit, yang terkenal karena kepiawaiannya menulis syair.
9. Ibrahim
Ibrahim adalah nama anak Nabi Muhammad dan Maria al-Qibtiyya. Ibrahim juga merupakan nama nabi keenam, ayah dari Nabi Ismail dan Nabi Ishaq. Nama ini memiliki arti ‘penguasa yang baik’ dan ‘ayah yang penyayang’.
10. Imran
Imran bin Hushain, sahabat yang juga seorang hakim dan periwayat hadis. Ia terkenal sebagai sosok yang sabar atas ujian penyakit yang bertahun-tahun di deritanya. Imran berarti ‘tuan rumah’ dan ‘kemakmuran’.
11. Jafar
Jafar adalah nama sahabat sekaligus sepupu Nabi Muhamamad, anak ketiga dari Abu Thalib bin Abdul Muthalib. Jafar adalah kakak Ali bin Abu Thalib. Nama ini berarti 'aliran' atau 'sungai'.
ADVERTISEMENT
12. Malik
Malik bin Dinar adalah salah satu muslim pertama yang menyebarkan Islam di India. Ia adalah murid Hasan al-Basri, seorang ulama Arab ternama. Nama Malik, yang memiliki beberapa variasi ejaan, misalnya Maliq dan Malek, berarti 'penguasa', 'pemilik', raja, atau 'pemegang'.
13. Muaz
Muaz bin Amr adalah seorang sahabat anshar yang mengikuti perang Badar saat usianya hanya 14 tahun. Perawakannya kuat dan besar, dengan keberanian yang luar biasa. Muaz berarti ‘dilindungi’.
14. Nafi
Nafi bin Abdul Harits, yang merupakan saudara tiri Nufay bin Abdul Harits adalah seorang dokter di Bani Tsaqif. Nafi juga menjadi salah satu nama Allah dalam Asmaul Husna. Nama ini berarti 'berharga' atau 'orang yang memberi keuntungan'.
ADVERTISEMENT
15. Salman
Salman al-Farisi adalah sahabat nabi yang berasal dari Kota Ishfahan, Persia. Ia juga dikenal dengan sebutan Abu Abdullah. Sahabat ini terkenal karena usulannya untuk membuat parit pertahanan saat Perang Khandaq. Salman memiliki arti ‘berkah’, ‘damai’, dan ‘penakluk’.
16. Shafwan
Shafwan adalah anak dari Umayyah bin Khalaf, salah satu tokoh Quraisy yang disegani. Ia awalnya sangat membenci Islam, bahkan sempat merencanakan pembunuhan terhadap nabi. Hingga akhirnya ia masuk Islam saat melihat sendiri kebaikan nabi yang memberikannya ratusan unta segabai ghanimah (harta perang). Shafwan sendiri memiliki arti ‘teman akrab’.
17. Suhail
Suhail bin Amr adalah seorang sahabat sekaligus pembicara ulung. Bahkan Ibnu Asakir, seorang ahli hadis menyebutnya, “ahad khutaba’ quraisy” (salah satu orator ulung Quraisy). Arti nama Suhail adalah ‘sederhana’ dan ‘halus’.
ADVERTISEMENT
18. Ubay
Ubay bin Ka’ab, yang juga dikenal sebagai Abu Mundhir adalah seorang anshar yang berasal dari Bani Khazraj. Ia termasuk golongan penduduk Madinah yang pertama-tama memeluk Islam. Ubay berarti ‘orang dengan kepercayaan diri tinggi’.
19. Walid
Walid bin al-Walid, adalah anak dari Walid bin al-Mughirah, sekaligus saudara kandung Khalid bin Walid. Ia dan saudara-saudaranya menjadi mualaf saat ayahnya meninggal. Nama Walid memiliki arti 'bayi’ atau ‘baru dilahirkan’.
20. Zaid
Zaid bin Haritsah, dikenal juga sebagai Abu Usamah, adalah budak yang akhirnya diangkat anak oleh nabi. Ia mendapat keistimewaan karena menjadi satu-satunya sahabat yang namanya disebut dalam Al-Quran, yaitu dalam surat Al-Ahzab ayat 37. Arti nama Zaid adalah ‘bertumbuh’ dan ‘meningkat’.
ADVERTISEMENT
Dari dua puluh daftar nama bayi di atas, mana yang menarik hati Anda? Semoga pilihan nama tersebut membawa kebaikan untuk putra Anda, ya! (AG)