4 Bacaan Doa untuk Ibu Hamil dalam Islam untuk Keselamatan Ibu dan Janin

Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 22:52
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
4 Bacaan Doa untuk Ibu Hamil dalam Islam untuk Keselamatan Ibu dan Janin (211834)
zoom-in-whitePerbesar
Doa untuk Ibu Hamil dalam Islam, Foto: Unsplash.
Menjadi seorang ibu adalah impian setiap wanita. Mengandung buah hati merupakan penantian yang dilakukan setelah memasuki kehidupan pernikahan. Tak jarang ada yang belum diberikan keturunan meskipun sudah lama menikah, ada juga yang langsung diberikan. Saat ini kamu yang sedang hamil ada doa yang bisa diamalkan. Apa saja bacaan doa untuk ibu hamil dalam Islam untuk keselamatan ibu dan janin? Inilah bacaan doa untuk ibu hamil dalam Islam guna memohon keselamatan ibu dan janin yang dikandungnya.
ADVERTISEMENT

Doa untuk Ibu Hamil dalam Islam

Dilansir dari laman nu.or.id, pada saat sedang hamil ada beberapa doa yang bisa kamu amalkan dan dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa:
1. Perbanyak membaca Al-Fatihah
Surat ini berisi doa seorang Muslim mengharap petunjuk akan jalan yang lurus dan dijauhkan dari sifat merugi kepada Sang Pencipta. Membaca Al-Fatihah sangat bagus untuk ibu hamil untuk memohon keselamatan ibu dan janin yang dikandungnya. Membaca Al-Fatihah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
2. Membaca ayat kursi
Penggalan surat Al Baqarah ini, berisi puji-pujian tentang betapa agungnya Sang Pencipta. Bagi ibu hamil dan calon ayah, rajinlah membaca ayat kursi. Terutama, pada pagi dan petang hari. Membaca ayat kursi sangat bagus apalagi untuk ibu hamil. Ini bacaan ayat kursi:
ADVERTISEMENT

allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi.
4 Bacaan Doa untuk Ibu Hamil dalam Islam untuk Keselamatan Ibu dan Janin (211835)
zoom-in-whitePerbesar
Bacaan Doa untuk Ibu Hamil dalam Islam, Foto: Unsplash.
3. Perbanyak berdzikir
Melakukan dzikir merupakan hal yang sangat dianjrkan untuk dilakukan umat Muslim, terutama ibu hamil. Dalam Alquran, disebutkan bahwa ketika kandungan memasuki usia empat bulan, ruh ditiupkan kepada janin. Di waktu ini juga, ditetapkan perkara rezeki, ajal, amal perbuatan, dan jalan hidup manusia. Beberapa bacaan zikir yang dianjurkan adalah beristigfar, kalimat tasbih, dan laa hawla walaa quwwata illa billah.
ADVERTISEMENT
4. Tiga surat terakhir dalam Al-Quran
Tiga surat terakhir dalam Alquran yaitu An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas memiliki keutamaan sebagai penjaga umat Muslim sekaligus membuat diri mudah merasa cukup. Ketiga surat ini, juga sangat dianjurkan dibaca oleh calon orang tua di masa kehamilan.
Demikianlah bacaan doa untuk ibu hamil yang bisa kamu amalkan untuk keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan. Kamu harus membiasakan dan mengajarkan agama Islam sejak dalam kandungan. Sebab bayi dalam kandungan itu bisa mendengar dan tahu apa yang sedang kita lakukan. Semoga janin yang sedang kamu kandung sehat terus sampai proses kelahiran nanti.(UMI)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020