4 Contoh Karangan yang Bersifat Nonfiksi dalam Sastra

Konten dari Pengguna
25 November 2022 21:34
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://www.pexels.com/@ugurlu-photographer-108972/ - sebutkan contoh karangan yang bersifat non fiksi
zoom-in-whitePerbesar
https://www.pexels.com/@ugurlu-photographer-108972/ - sebutkan contoh karangan yang bersifat non fiksi
ADVERTISEMENT
Dalam pelajaran sastra Indonesia, kita mengenal ada dua jenis karangan atau cerita, yaitu yang bersifat fiksi dan nonfiksi. Tentu saja ada ciri-ciri dan struktur khusus yang membedakan keduanya. Sekarang, bisakah kamu sebutkan contoh karangan yang bersifat nonfiksi?
ADVERTISEMENT

Karangan Nonfiksi dalam Sastra

Sebelum menjawab pertanyaan mengenai sebutkan contoh karangan yang bersifat nonfiksi, kamu perlu tahu lebih dulu apa yang dimaksud dengan karangan atau hasil tulisan nonfiksi tersebut.
Pengertian karangan atau cerita nonfiksi adalah sebuah karangan atau tulisan yang sifatnya informatif. Jadi, secara otomatis, penulisnya akan bertanggung jawab atas kebenaran dari peristiwa, orang, dan/atau informasi yang disampaikan dalam karangan tersebut.
Karena ditulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang benar-benar terjadi, penulisnya pun sebisa mungkin melakukan berbagai penyelidikan atau penelitian lebih dalam berdasarkan informasi, data-data, dan kebenaran dari suatu peristiwa atau permasalahan yang akan diangkat.
https://www.pexels.com/@dina-nasyrova-2006209/
zoom-in-whitePerbesar
https://www.pexels.com/@dina-nasyrova-2006209/

Contoh Karangan yang Bersifat Nonfiksi

Dalam menuliskan karangan yang bersifat nonfiksi, penulis biasanya menggunakan bahasa baku yang bisa dibaca dan dipahami dengan mudah serta jelas oleh para pembacanya. Beberapa contohnya antara lain adalah:
ADVERTISEMENT
1. Esai
Esai adalah sebuah karangan atau tulisan yang mengangkat suatu tema dari sudut pandang pribadi si penulis. Karena itulah, tema yang diangkat jangkauannya cukup luas. Mulai dari bidang sosial, sampai dengan politik.
2. Biografi
Pengertian biografi adalah tulisan yang dituliskan berdasarkan perjalanan atau kisah hidup seseorang. Ada orang yang menulis sendiri biografi hidupnya, ada pula penulis yang menuliskan biografi orang lain, seperti tokoh terkenal.
3. Catatan Dokumenter
Seperti namanya, dokumenter adalah catatan sejarah yang menceritakan tentang masa lalu suatu objek. Mengutip dari buku Psikologi Klinis, Sulistyani Prabu Aji, Meilisa Silviana Patodo, dkk, beberapa dokumen yang dapat dijadikan bukti dokumenter adalah salinan catatan publik yang disahkan, dokumen resmi, surat kabar, catatan rekapikulasi, dan inskripsi dagang.
ADVERTISEMENT
4. Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ilmiah merupakan tulisan atau karangan yang dibuat sebagai hasil dari kegiatan menulis yang menerapkan konvensi ilmiah, seperti skripsi, tesis, makalah, jurnal, artikel hasil penelitian dan kertas kerja.
Itu tadi beberapa contoh karangan nonfiksi yang bisa dengan mudah kamu temui di perpustakaan atau buku-buku yang dijual di pasaran. (DNR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·