4 Contoh Sikap Mengasihi Sesama seperti Mengasihi Diri Sendiri dalam Kristen

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 18:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh sikap mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri - Sumber: pexels.com/@rdne/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh sikap mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri - Sumber: pexels.com/@rdne/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak contoh sikap mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri dalam Kristen. Semua umat mungkin sudah tahu bahwa perihal mengasihi sesama dan diri sendiri ini tercantum di dalam beberapa ayat Alkitab.
ADVERTISEMENT
Ayat Alkitab yang berisi pembahasan mengenai mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri antara lain Imamat 19:18 dan Matius 22:39. Dari ayat tersebut, terdapat banyak contoh sikap dan perilaku yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Saja Contoh Sikap Mengasihi Sesama seperti Mengasihi Diri Sendiri?

Ilustrasi Contoh sikap mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri - Sumber: pexels.com/@rdne/
Berdasarkan buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti - Jejak Pustaka, Herlina Vera Wati, (2023), mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri adalah salah satu ajaran utama dalam Kekristenan yang diajarkan langsung oleh Yesus Kristus.
Ini merupakan bagian dari inti ajaran-Nya tentang kasih. Itulah sebabnya, sangat penting bagi umat Kristen untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud penghayatan iman mereka.
Berikut adalah lima contoh sikap mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri dalam ajaran Kristen:
ADVERTISEMENT

1. Menyayangi Semua Orang tanpa Pandang Bulu

Sikap ini menekankan bahwa kasih yang tulus tidak memandang suku, ras, agama, status sosial, atau latar belakang lainnya. Setiap orang, tanpa terkecuali, layak untuk menerima kasih sayang dan penghargaan dari sesama manusia.

2. Memberikan Kasih tanpa Pamrih

Contoh berikutnya adalah memberikan kasih tanpa mengharapkan imbalan atau pamrih. Umat Kristen yang mengasihi sesamanya akan bersedia memberikan bantuan, dukungan, dan perhatian tanpa memikirkan manfaat pribadi atau balasan yang akan diterima.

3. Mengampuni Orang Lain

Kemampuan untuk mengampuni orang lain seperti diri sendiri ingin diampuni juga merupakan contoh yang baik. Seseorang yang mengasihi sesamanya akan memaafkan kesalahan dan melupakan kebencian, seperti dia berharap mendapatkan pengampunan Tuhan atas dosa-dosanya.

4. Mendengarkan dan Memahami

Mengasihi sesama juga berarti memiliki kepedulian untuk mendengarkan dan memahami perasaan, kebutuhan, dan pengalaman orang lain. Mengasihi sesama artinya bersedia mendengarkan dengan penuh perhatian dan empati, serta berusaha untuk memahami perspektif dan situasi orang lain.
ADVERTISEMENT
Berbagai contoh sikap mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri tadi seharusnya diterapkan dengan baik. Prinsip mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri merupakan kehendak Allah untuk membangun masyarakat yang penuh kasih dan damai. (DNR)