4 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat dan Penjelasannya

Konten dari Pengguna
24 November 2022 17:01
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi 4 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat, Foto:Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 4 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat, Foto:Unsplash
ADVERTISEMENT
Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional khas Indonesia. Sebutkan 4 jenis tendangan dalam pencak silat! Simak jawabannya melalui tulisan berikut ini.
ADVERTISEMENT
Pencak silat memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan olahraga bela diri lain. Dikutip dari buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 5 PJOK yang disusun oleh Nidaul Janah (2021:32), ciri-ciri pencak silat adalah menggunakan seluruh bagian tubuh, tanpa menggunakan senjata, dan menggunakan prinsip timbang badan.

Teknik Dasar dalam Pencak Silat

4 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat,  Foto:Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
4 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat, Foto:Unsplash
Pencak silat merupakan kesenian yang memperagakan cara seseorang mempertahankan atau membela diri. Dalam pencak silat terdapat teknik dan gerakan-gerakan yang dilakukan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai 4 jenis tendangan dalam pencak silat, yang dilengkapi dengan penjelasannya.
Sebelum mengetahui 4 jenis tendangan, berikut adalah teknik dasar yang umumnya diajarkan pertama kali dalam pencak silat.
Kuda-kuda merupakan teknik dasar yang diberikan di awal latihan pencak silat. Kuda-kuda adalah suatu posisi di mana kaki menapak untuk memperkuat posisi tubuh agar tidak dijatuhkan oleh lawan, serta untuk menahan dorongan dari lawan dan menjadi dasar titik tolak serangan. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilatih agar dapat melakukan sikap kuda-kuda dengan baik,
ADVERTISEMENT
  • Keseimbangan tubuh.
  • Kekuatan dan kelenturan kaki.
  • Posisi kaki yang benar.

4 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat

4 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat dan Penjelasannya  Foto:Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
4 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat dan Penjelasannya Foto:Unsplash
Adapun jenis-jenis tendangan yang ada dalam pencak silat adalah sebagai berikut,
  1. Tendangan A, yaitu tendangan lurus ke depan dengan menggunakan cocor kaki yang mengarah ke ulu hati lawan.
  2. Tendangan C atau sabit, yaitu tendangan dari samping dengan menggunakan cocor atau punggung kaki yang mengarah ke tulang rusuk lawan.
  3. Tendangan T, yaitu tendangan samping dengan menggunakan pedang kaki (telapak kaki) atau tumit yang mengarah ke tulang rusuk atau dada lawan. Jika diperhatikan, tendangan ini selintas seperti membentuk huruf T.
  4. Tendangan melingkar, yaitu tendangan yang dilakukan dengan memutarkan kaki dengan hentakan yang menggunakan tumit. Sasaran tendangan ini umumnya dada dan punggung lawan tergantung dengan situasi yang terjadi.
ADVERTISEMENT
Demikian mengenai 4 jenis tendangan dalam pencak silat yang disertai dengan penjelasan gerakannya. Setelah menguasai 4 jenis tendangan, selanjutnya peserta dapat mempelajari mengenai sikap pasang, pukulan, tangkisan, guntingan, dan kuncian dalam olahraga pencak silat.(DK)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·