4 Pengaruh Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Ekonomi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
19 Februari 2024 21:17 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sebagai warga negara apa pengaruh peran indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Irgi Nur Fadil
zoom-in-whitePerbesar
Sebagai warga negara apa pengaruh peran indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Irgi Nur Fadil
ADVERTISEMENT
Sebagai salah satu anggota pendiri dan negara terbesar di ASEAN, Indonesia memiliki peran penting dalam menggerakkan kerjasama ekonomi di Asia Tenggara. Menjadi pertanyaan sebagai warga negara, apa pengaruh peran indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi?
ADVERTISEMENT
Berbagai kontribusi Indonesia telah memberikan dampak besar dalam memperkuat integrasi ekonomi regional, meningkatkan perdagangan dan investasi, memperkuat daya saing ekonomi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di ASEAN.

Sebagai Warga Negara, Apa Pengaruh Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Ekonomi?

Sebagai warga negara apa pengaruh peran indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Michael Steinberg
Sebagai warga negara apa pengaruh peran indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi? Mengutip dari buku Arif Cerdas Untuk Sekolah Dasar Kelas 6, Christiana Umi, (2020), ada beberapa peran Indonesia di bidang ekonomi, salah satunya menjadi pelopor organisasi kerja sama ekonomi antar negara serta ikut kerja sama di sektor industri.
Selain itu ada beberapa peran lain dari Indoensia, sebagai berikut.

1. Mendorong Integrasi Ekonomi Regional

Pertama, peran Indonesia dalam mendorong integrasi ekonomi regional sangatlah krusial. Sebagai contoh, melalui partisipasinya dalam ASEAN Free Trade Area (AFTA), Indonesia telah menjadi salah satu penggerak dalam penciptaan pasar di kawasan ini.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dukungannya terhadap inisiatif seperti ASEAN Economic Community (AEC) dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) menunjukkan komitmen Indonesia untuk memperdalam kerjasama ekonomi di antara negara ASEAN.

2. Meningkatkan Perdagangan dan Investasi

Kedua, kontribusi Indonesia dalam meningkatkan perdagangan dan investasi di ASEAN tidak dapat diabaikan. Sebagai salah satu negara terbesar dalam kawasan ini, Indonesia memiliki peran penting dalam menggerakkan perdagangan intra-ASEAN.
Selain itu, sebagai pasar yang menjanjikan dan berkembang, Indonesia juga menarik bagi investor dari negara-negara ASEAN lainnya, yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan ini.

3. Memperkuat Daya Saing Ekonomi

Ketiga, melalui kerjasama di ASEAN, Indonesia dapat memperkuat daya saing ekonominya. Standar yang disepakati bersama dalam kerangka ASEAN membantu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi bisnis dan investasi di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Indonesia juga dapat memanfaatkan pengalaman dan best practices negara-negara ASEAN lainnya untuk memperbaiki kebijakan ekonomi dan mengimplementasikan reformasi yang diperlukan guna meningkatkan daya saingnya di pasar regional dan global.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Terakhir, pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh kerjasama ASEAN berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Melalui akses yang lebih luas terhadap produk dan layanan dari negara-negara ASEAN lainnya, masyarakat Indonesia dapat memperoleh manfaat dalam bentuk pilihan yang lebih beragam dan harga yang lebih terjangkau.
Itulah jawaban untuk pertanyaan "Sebagai warga negara, apa pengaruh peran indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi?". Peran Indonesia dalam ASEAN di bidang ekonomi tidak hanya penting bagi negara itu sendiri, tetapi juga bagi kawasan Asia Tenggara secara keseluruhan. (RIZ)
ADVERTISEMENT