4 Prinsip Dasar Lompat Jauh dalam Olahraga Atletik

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 Maret 2024 17:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sebutkan prinsip dasar lompat jauh - Sumber: pexels.com/@chris-l-
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sebutkan prinsip dasar lompat jauh - Sumber: pexels.com/@chris-l-
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebutkan prinsip dasar lompat jauh! Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang menguji kekuatan, kecepatan, koordinasi, dan teknik atlet dalam melompat sejauh mungkin dari titik awal.
ADVERTISEMENT
Dalam lompat jauh, atlet berlari dengan kecepatan tinggi dari titik awal menuju landasan. Lalu dilanjutkan dengan melompat sekuat tenaga untuk mencapai jarak terjauh yang mereka bisa.

Sebutkan Prinsip Dasar Lompat Jauh!

Ilustrasi sebutkan prinsip dasar lompat jauh - Sumber: pexels.com/@ganiyevart/
Sebutkan prinsip dasar lompat jauh dalam atletik! Secara sederhana, dapat dijelaskan bahwa prinsip dasar lompat jauh adalah daya untuk menolak tubuh sekuat-kuatnya, kemudian melompat sejauh mungkin.
Berdasarkan keterangan yang ada di buku Dasar-Dasar Atletik, Yahya Eko Nopiyanto, (2020), secara umum, prinsip dasar lompat jauh terdiri dari beberapa fase. Mulai dari fase awalan, fase pengambilan tolakan, fase mengudara, sampai dengan fase mendarat.

1. Fase Awalan

Pada fase ini, atlet berlari dari titik awal menuju landasan dengan kecepatan tinggi. Tujuan fase awalan adalah untuk membangun momentum dan kecepatan sebelum melompat.
ADVERTISEMENT

2. Fase Pengambilan Tolakan

Ketika atlet mencapai papan tolakan di landasan, mereka melakukan tolakan dengan kaki untuk mengubah momentum horizontal menjadi momentum vertikal. Teknik pengambilan tolakan yang baik sangat penting untuk mencapai lompatan yang jauh.

3. Fase Mengudara atau Melayang

Setelah pengambilan tolakan, atlet meloncat sejauh mungkin dari landasan. Pada fase mengudara atau melayang ini, atlet berusaha untuk menjaga posisi tubuh yang baik, mempertahankan keseimbangan, dan memaksimalkan panjang lompatan.

4. Fase Mendarat

Setelah melompat, atlet mencoba untuk mendarat dengan aman dan sekuat tenaga di area yang ditentukan di landasan. Landasan biasanya terdiri dari bak pasir dan papan penumpu yang dapat membantu untuk mengurangi tekanan pada tubuh saat mendarat.
Lompat jauh adalah cabang olahraga atletik yang membutuhkan kekuatan, kecepatan, teknik yang baik, dan koordinasi yang baik antara berbagai fase gerakan. Atlet yang berhasil dalam lompat jauh artinya memiliki kombinasi yang baik dari semua aspek tersebut.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan mengenai sebutkan prinsip dasar lompat jauh tadi, bisa dipahami beberapa hal. Pertama, sangat penting untuk mempelajari dan mempraktikkan setiap fase dengan benar. Kedua, pentingnya mempertahankan posisi tubuh yang baik dan menjaga keseimbangan dengan teknik yang tepat. (DNR)