4 Tujuan Indonesia Menggagas Dibentuknya Komunitas Keamanan ASEAN

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 Februari 2024 17:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apa tujuan indonesia menggagas dibentuknya komunitas keamanan asean jelaskan - Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa tujuan indonesia menggagas dibentuknya komunitas keamanan asean jelaskan - Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa tujuan Indonesia menggagas dibentuknya komunitas keamanan ASEAN jelaskan! Komunitas Keamanan ASEAN, atau ASEAN Political-Security Community (APSC), merupakan salah satu dari tiga pilar ASEAN Community.
ADVERTISEMENT
Dua pilar lainnya adalah ASEAN Economic Community (AEC) dan ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC). Ketiganya adalah bentuk upaya kerja sama negara-negara ASEAN di berbagai bidang.

Apa Tujuan Indonesia Menggagas Dibentuknya Komunitas Keamanan ASEAN Jelaskan!

Ilustrasi apa tujuan indonesia menggagas dibentuknya komunitas keamanan asean jelaskan - Sumber: pixabay.com/652234
Berdirinya APSC berawal dari konsep yang diajukan oleh Indonesia. Ide dan inisiatif tersebut muncul pertama kali pada momen penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KKT) ASEAN ke-9 di Bali tahun 2003.
Berdasarkan buku RAPEL: Rangkuman Pelajaran Lengkap IPS & PKn SD Kelas 4, 5, 6, Vita Setiawati, (2010), salah satu alasan yang mendorong inisiatif Indonesia tersebut adalah banyaknya ancaman keamanan dari teroris dan pengaruhnya terhadap ASEAN.
Jika ditanya apa tujuan Indonesia menggagas dibentuknya komunitas keamanan ASEAN jelaskan, inilah jawaban yang lebih rinci.
ADVERTISEMENT

1. Meningkatkan Keamanan dan Stabilitas Kawasan Regional

Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan kawasan regional yang aman dan stabil di Asia Tenggara. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi dan sosial di seluruh negara anggota ASEAN.

2. Mempromosikan Dialog dan Kerja Sama Antarnegara

APSC ditujukan untuk membangun dan memperkuat mekanisme dialog serta kerja sama antarnegara anggota. Dengan meningkatkan hubungan diplomatik dan saling percaya, diharapkan dapat mencegah atau menyelesaikan konflik yang mungkin timbul di kawasan.

3. Penyelesaian Konflik secara Damai

Pembentukan APSC menekankan pentingnya penyelesaian konflik secara damai dan melalui jalur diplomasi. ASEAN berkomitmen untuk menghindari penggunaan kekerasan dan mencari solusi yang adil dan berkelanjutan terhadap berbagai konflik yang mungkin muncul.

4. Membangun Kepercayaan dan Kepedulian Bersama

Indonesia bertujuan untuk membangun kepercayaan dan rasa keprihatinan bersama antara negara-negara anggota. Dengan begitu, masyarakat di kawasan Asia Tenggara dapat hidup dalam keadaan damai dan sejahtera.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan mengenai apa tujuan Indonesia menggagas dibentuknya komunitas keamanan ASEAN jelaskan tadi, bisa disimpulkan satu hal. Kesimpulannya negara-negara ASEAN berusaha untuk menciptakan kawasan yang aman dan sejahtera bagi penduduknya. (DNR)