5 Alasan Mengapa Telinga Terasa Tertutup Sebelah

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 Maret 2024 17:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Mengapa Telinga Terasa Tertutup Sebelah. Sumber: Unsplash/Jaee Kim
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Mengapa Telinga Terasa Tertutup Sebelah. Sumber: Unsplash/Jaee Kim
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengapa telinga terasa tertutup sebelah? Telinga adalah salah satu indra yang berfungsi untuk mendengar. Indra pendengaran sangat penting bagi manusia. Namun, terkadang telinga mengalami beberapa gangguan.
ADVERTISEMENT
Salah satu gangguan yang umum dirasakan adalah telinga tersumbat. Gangguan telinga ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Mengapa Telinga Terasa Tertutup Sebelah?

Ilustrasi untuk Mengapa Telinga Terasa Tertutup Sebelah. Sumber: Unsplash/Kimia Zarifi
Dikutip dari Indra Pendengaran: Telinga, Budiarti (2023:2), telinga berfungsi untuk mendeteksi dan mengenali bunyi. Jika telinga tersumbat, maka fungsinya tentu akan terganggu. Mengapa telinga terasa tertutup sebelah? Berikut beberapa penyebabnya.

1. Pilek

Pilek adalah kondisi yang sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, atau bisa juga karena alergi. Pilek bisa mengakibatkan timbulnya peradangan pada saluran napas dan saluran yang menghubungkan hidung dengan telinga. Akibatnya, telinga akan terasa tersumbat dan sakit.
Ketika peradangan akibat pilek sudah mereda, keluhan telinga tertutup sebelah juga akan hilang. Jadi, jika telinga tersumbat akibat pilek, maka penyebab pilek harus disingkirkan terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT

2. Sinusitis

Selain karena pilek, telinga tersumbat juga bisa disebabkan karena sinusitis. Rongga sinus menyambung dengan telinga bagian dalam dan hidung. Jadi, penyakit ini sering berpengaruh pada tekanan di dalam telinga. Akibatnya, hidung dan telinga tersumbat, demam, dan sakit kepala.

3. Kotoran Telinga Menumpuk

Penyebab lainnya adalah karena kotoran di dalam telinga sudah menumpuk. Kondisi ini harus diatasi dengan prosedur medis oleh dokter.
Terkadang, serumen atau kotoran telinga berukuran besar, kering, dan keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Serumen tentunya bisa menimbulkan gangguan pada telinga, misalnya telinga terasa seperti tertutup.

4. Ada Air yang Masuk

Salah satu penyebab telinga tertutup sebelah lainnya adalah karena ada air masuk ke telinga. Biasanya, kondisi ini terjadi saat sedang berenang. Penyumbatan karena air biasanya bisa pulih sendiri. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk membersihkan telinga sendiri untuk menghindari infeksi.
ADVERTISEMENT
Jika telinga yang tersumbat menjadi infeksi, maka akan muncul gejala lain, misalnya gatal, nyeri, dan keluar cairan dari telinga. Jika kondisi tersebut telah terjadi, segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Berada di Dataran Tinggi

Penyebab telinga tertutup sebelah lainnya adalah penderitanya sedang berada di dataran tinggi. Perbedaan tekanan pada telinga akibat berada di tempat tinggi, misalnya pesawat, akan menyebabkan telinga terasa seperti tersumbat.
Kondisi ini bisa diatasi dengan konsumsi obat. Selain itu, bisa juga dengan memakan permen atau menekan hidung dan menutup mulut.
Mengapa telinga terasa tertutup sebelah? Ada beberapa penyebabnya, misalnya pilek dan kotoran telinga menumpuk. (KRIS)