Food & Travel
·
26 Juli 2021 9:48
·
waktu baca 2 menit

5 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Daerah Asalnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
5 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Daerah Asalnya (597957)
searchPerbesar
5 Alat Musik Tradisional Indonesia, Foto: Pixabay
Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan kebudayaan yang tersebar di ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke. Selain adat istiadat yang sangat menarik, ada banyak alat musik tradisional Indonesia yang belum diketahui oleh banyak orang, lho, mungkin termasuk kamu sendiri yang merupakan Warga Negara Indonesia.
ADVERTISEMENT

5 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Daerah Asalnya

5 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Daerah Asalnya (597958)
searchPerbesar
Alat Musik Tradisional Indonesia, Foto: Freepik
Inilah 5 alat musik tradisional Indonesia dan daerah asalnya yang mungkin belum kamu ketahui:
  • Karinding - Jawa Barat
Selain angklung, ternyata suku Sunda juga memiliki alat musik tradisional lain, yaitu karinding. Berbeda dengan angklung, karinding dimainkan dengan cara ditiup.
Alat musik Sunda ini terbuat dari bambu atau pelepah kawung (enau). Tidak dengan sembarang tiup, cara memainkannya adalah dengan meletakkan ruas tengah karinding di bibir, kemudian tepuk bagian ujung ruas paling kanan karinding sampai jarum karinding bergetar.
  • Kuriding - Kalimantan Selatan
Kuriding merupakan alat musik tradisional khas Kalimantan Selatan. Sama dengan karinding, kuriding juga terbuat dari enau. Cara memainkannya sangat unik, yaitu: tangan kiri memegang tali pendek melingkar yang menahan bilah kayu kuriding supaya bisa menempel di mulut. Kemudian tangan kanan menarik tali panjang yang diikat di ujung bilah sebelahnya. Alat ini menghasilkan suara yang berbunyi seperti suara angin disertai bunyi hentakan.
ADVERTISEMENT
  • Genggong - Bali
Dilansir dari buku Hukum Kepariwisataan Nasional Berbasis Ekspresi Budaya Tradisional Menuju Negara Kesejahteraan, Dr. Violetta Simatupang, Dipl.Hot. AHMA., S.E., M.H., (2021:218), genggong merupakan alat musik tradisional asal Bali yang sangat unik dan masih belum diketahui oleh banyak orang.
Keunikannya terletak pada suara yang dihasilkan berbunyi seperti suara katak sawah. Selain suaranya, cara memainkannya juga sangat unik, lho, yaitu menggunakan rongga mulut sebagai resonator.
  • Sasando - Nusa Tenggara Timur
Beberapa dari kamu mungkin merasa sudah mengetahui alat musik yang satu ini, tetapi selain kamu, masih banyak yang belum mengetahui alat musik petik yang bernama sasando ini, lho.
Alat musik yang berasal dari Rote, Nusa Tenggara Timur ini memiliki bentuk yang sangat unik, beberapa orang bahkan menyebutnya seperti bawang. Bagian utama sasando yang menyerupai tabung umumnya terbuat dari bambu.
ADVERTISEMENT
Kemudian diberikan ganjalan-ganjalan senar yang ada di bagian tengah dan melingkar dari bagian atas sampai bagian bawah tabung. Wadah yang menyerupai kulit bawang inilah yang menjadi tempat resonansinya.
  • Fu - Maluku Utara
Fu merupakan alat musik yang berasal dari Provinsi Maluku Utara. Alat musik serupa juga terdapat di Maluku, tetapi dengan nama yang berbeda, yaitu Korno.
Berbentuk seperti kerang ajaib Spongebob Squarepants, fu memang terbuat dari kerang dan dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini mulai diketahui saat seseorang yang tersesat di hutan meniup fu untuk meminta bantuan.
Dari 5 alat musik tradisional Indonesia di atas, nomor berapa, nih, yang baru kamu ketahui?(BRP)