Food & Travel
·
3 Agustus 2021 10:40
·
waktu baca 1 menit

5 Alat Musik Tradisional Jawa Timur dan Cara Memainkannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
5 Alat Musik Tradisional Jawa Timur dan Cara Memainkannya (1172916)
searchPerbesar
Ilustrasi alat musik tradisional Jawa Timur, sumber foto: https://unsplash.com/
Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan budaya yang luar biasa. Setiap daerah memiliki ciri khas budaya masing-masing. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi kadang kebudayaan tersebut terancam nyaris berkurang pelestarian dan pengembangannya.
ADVERTISEMENT
Salah satu bentuk keberagaman budaya di Indonesia adalah alat musik di setiap daerah yang berbeda.
Dikutip dari buku Album Alat Musik Tradisional: Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Direktorat Jendral Kebudayaan (1994 :6) terdapat beberapa jenis perangkat musik tradisional di Jawa Timur yang cukup terkenal di antaranya adalah alat musik seperti Kongkil, Sronenm Gambus, dan Odrod.
Penamaan dari masing-masing perangkat alat musik tersebut diambil dari nama seni pertunjukan yang diiringinya. Masing-masing perangkat mempunyai jenis peralatan yang berbeda satu sama lainnya karena jenis seni pertunjukan yang diiringinya juga berbeda di samping berasal dari daerah yang terpisah satu dengan yang lainnya.

5 Alat Musik Tradisional Jawa Timur

5 Alat Musik Tradisional Jawa Timur dan Cara Memainkannya (1172917)
searchPerbesar
Ilustrasi alat musik tradisional Jawa Timur, sumber foto: https://unsplash.com/
Berikut adalah 5 alat musik tradisional Jawa Timur dan cara Memakainya.
ADVERTISEMENT
  1. Saronen adalah alat musik tradisional khas dari Madura. Cara memainkannya dengan ditiup. Bentuknya mirip dengan terompet, tapi ada perbedaan pada peniup yang dibuat seperti kumis-kumisan. Setiap alat musik saronen dibuat dengan bentuk berbeda-beda sesuai dengan kreatifitas pembuat saronen. Seringnya, alat musik saronen dimainkan pada saat acara adat, seperti arakan pengantin, atau sebagai pengiring lomba karapan sapi.
  2. Angklung Reog adalah angklung yang biasa digunakan pada seni pertunjukan reog dari Ponorogo. Berbeda dengan angklung pada umumnya, angklung reog memiliki suara yang cenderung keras. Yang membuatnya menarik adalah beberapa hiasan benang berumbai-rumbai di sekujur angklung reog. Angklung terbuat dari bambu dan kalian bisa memainkan alat musik tradisional ini dengan cara menggoyangkannya sampai bambu tersebut mengeluarkan suara akibat getaran.
  3. Kenong adalah salah satu instrument gamelan Jawa. Dalam satuan gamelan, kenong termasuk dalam golongan ‘pencon’, bersama gong, bonang, dan kethuk. Di antara instrumen dalam golongan pencon, kenong-lah yang paling gemuk dibandingkan dengan kempul dan gong. Kenong dimainkan dengan cara dipukul, biasanya kenong disusun pada ‘pangkon’ yang berupa kayu keras yang dialasi dengan tali. Sehingga saat dipukul kenong tidak bergoyang ke samping, namun dapat bergoyang ke atas-bawah.
  4. Kendang adalah alat musik lainnya yang termasuk Dalam instrument gamelan Jawa. Kendang yang baik biasanya terbuat dari bahan kayu nangka, kelapa atau cempedak. Bagian sisinya dilapisi kulit kerbau dan kambing. Kulit kerbau sering digunakan untuk bam (permukaan bagian yang memancarkan ketukan bernada rendah) sedangkan kulit kambing digunakan untuk chang (permukaan luar yang memancarkan ketukan bernada tinggi).
  5. Tong-tong adalah alat musik dari Jawa Timur yang berasal dari Madura. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan peralatan berupa bambu atau disebut dengan kentongan yang menghasilkan irama khas.
ADVERTISEMENT
Demikian pembahasan mengenai 5 alat musik tradisional Jawa Timur dan cara memainkannya yang harus kita lestarikan bersama-sama. (WWN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white