5 Contoh Peran Indonesia sebagai Produsen di ASEAN

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 Februari 2024 18:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Tuliskan Contoh Peran Indonesia sebagai Produsen di ASEAN. Sumber: Unsplash/Lalit Kumar
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Tuliskan Contoh Peran Indonesia sebagai Produsen di ASEAN. Sumber: Unsplash/Lalit Kumar
ADVERTISEMENT
Tuliskan contoh peran Indonesia sebagai produsen di ASEAN! Negara-negara di kawasan Asia Tenggara membentuk organisasi ekonomi dan geopolitik yang disebut ASEAN. Sebagai salah satu pendiri dan anggota, Indonesia memiliki sejumlah peran di ASEAN.
ADVERTISEMENT
Salah satu peran Indonesia adalah sebagai produsen. Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya dan beragam sehingga dapat mengekspor banyak SDA.

Tuliskan Contoh Peran Indonesia sebagai Produsen di ASEAN!

Ilustrasi untuk Tuliskan Contoh Peran Indonesia sebagai Produsen di ASEAN. Sumber: Unsplash/Afif Ramdhasuma
Dikutip dari Pendidikan Kewarganegaraan Harmoni Kebangsaan Kelas 6 SD, Moediarta (2007:77), ASEAN didirikan di Bangkok, Thailand melalui Deklarasi Bangkok. Lima negara pendiri organisasi ini adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Singapura.
Tuliskan contoh peran Indonesia sebagai produsen di ASEAN! Berikut beberapa contohnya.

1. Produksi Bahan Makanan dan Minuman Halal

Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam bekerja sama untuk menangani dan produksi bahan makanan dan minuman halal. Kerja sama ini menghasilkan pedoman yang dibuat oleh persatuan kementerian agama dari negara-negara tersebut.

2. Minyak Kelapa Sawit

Indonesia merupakan salah satu produsen kelapa sawit paling besar di dunia. Minyak kelapa sawit digunakan baik pada sektor industri makanan, kosmetik, atau biodiesel. Beberapa negara yang menjadi pasar ekspor minyak sawit Indonesia adalah Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Kamboja.
ADVERTISEMENT

2. Tembakau

Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil tembakau terbesar di dunia. Tembakau olahan banyak diekspor ke Singapura. Sedangkan, rokok kretek Indonesia banyak diekspor ke Kamboja.

3. Hasil Pertanian dan Perkebunan

Sektor pertanian dan perkebunan Indonesia menghasilkan produk-produk unggulan yang menjadi komoditas ekspor. Beberapa produk tersebut adalah karet, kopi, cokelat, dan sebagainya.

4. Perikanan

Indonesia merupakan negara maritim sehingga memiliki wilayah laut yang sangat luas. Laut yang luas ini membuat industri perikanan negara ini menjadi besar. Ada banyak hasil laut seperti ikan, udang, kepiting, dan lainnya yang diekspor ke negara-negara ASEAN.

5. Minyak dan Gas

Indonesia adalah salah satu produsen minyak dan gas alam yang patut diperhitungkan di kawasan ASEAN. Minyak dan gas dari Indonesia memiliki kontribusi besar untuk pasokan energi di kawasan ASEAN.
ADVERTISEMENT
Tuliskan contoh peran Indonesia sebagai produsen di ASEAN! Indonesia sangat berperan penting sebagai produsen di ASEAN, misalnya sebagai produsen kelapa sawit dan tembakau. (KRIS)