5 Ide Bisnis 2024 yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
13 April 2024 18:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk ide bisnis 2024. Sumber: pexels.com/Katrin Bolovtsova
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk ide bisnis 2024. Sumber: pexels.com/Katrin Bolovtsova
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak ide bisnis 2024 yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Ide bisnis ini dapat dilakukan sambil tetap beraktivitas sebagai ibu rumah tangga.
ADVERTISEMENT
Platform e-commerce yang sedang marak menjamur juga dapat digunakan ibu rumah tangga untuk berbisnis. Ide usaha ini memiliki peluang yang menjanjikan jika ditekuni dan dapat dibangun secara mandiri.

5 Ide Bisnis 2024 untuk Ibu Rumah Tangga

Ilustrasi untuk ide bisnis 2024. Sumber: pexels.com/Ketut Subiyanto
Menurut buku Mompreneurship, 160 Ide Bisnis Paling Laris oleh Dessy Danarti dan Suryo Sukendro (2008: 554), menentukan ide bisnis paling mudah adalah sesuai hobi dan kegemaran. Pilih bidang yang sesuai keahlian dan sudah dikuasai.
Di samping itu, penting untuk melakukan riset pasar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai usaha yang akan ditekuni. Berikut ini lima ide bisnis 2024 yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga:

1. Katering

Usaha katering dapat menjadi peluang bagi ibu rumah tangga yang gemar memasak tanpa harus membuka warung. Tidak perlu biaya sewa tempat, biaya dapat dialihkan untuk tugas memasak dan mengantar katering.
ADVERTISEMENT
Usaha katering dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu katering biasa dan katering khusus. Katering biasa ditujukan untuk konsumen umum, seperti mahasiswa dan pekerja kantoran.
Sedangkan katering khusus, misalnya katering dengan menu program diet atau untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Untuk membuka usaha katering ini, diperlukan konsultasi dengan ahli gizi dan kesehatan.

2. Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah usaha yang banyak diminati karena praktis dan tidak perlu melakukan restock dan pengiriman. Adanya e-commerce semakin mempermudah usaha dropshipper ini.
Untuk menjadi dropshipper, perlu mengenali potensi pasar apa yang memiliki peluang yang besar. Selain itu, penting untuk memilih supplier yang terpercaya serta memiliki kemampuan untuk memasarkan produk dengan efektif.

3. Berbisnis Tanaman Hias

Bisnis tanaman dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki hobi tanaman hias. Tanaman hias dapat dijual dengan cara online, dapat pula dijual secara offline. Diperlukan pengetahuan yang luas mengenai tanaman saat memutuskan berbisnis tanaman hias.
ADVERTISEMENT
Dengan pengetahuan tersebut, penjual dapat memberikan tips dan panduan mengenai perawatan tanaman. Penjualan tanaman hias dapat disertai dengan penjualan pot dan produk lainnya yang menunjang perawatan tanaman.

4. Membuat Kerajinan Tangan

Usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki hobi berkreasi membuat kerajinan tangan. Misalnya, jika suka merajut, maka dapat memasarkan hasil rajutannya melalui e-commerce atau platform media sosial.

5. Membuka Kursus atau Bimbingan Belajar

Usaha ini cocok untuk ibu rumah tangga dengan latar belakang pendidikan. Materi yang diajarkan dapat berupa mata pelajaran di sekolah, dapat pula kursus keterampilan jika memiliki keterampilan lain yang dapat diajarkan.
Contoh materi pelajaran di antaranya adalah matematika dan Bahasa Inggris. Sedangkan materi kursus keterampilan beberapa contohnya memasak, make up, membuat kerajinan tangan, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Itulah lima ide bisnis 2024 yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Dalam berbisnis, diperlukan perencanaan yang matang dan komunikasi yang baik dengan konsumen. Selamat mencoba! (IND)