5 Jenis Bunga yang Bermanfaat bagi Manusia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 Maret 2023 21:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Bunga yang Bermanfaat bagi Manusia. Sumber: Pexels.com/Marta Dzedyshko
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Bunga yang Bermanfaat bagi Manusia. Sumber: Pexels.com/Marta Dzedyshko
ADVERTISEMENT
Tanaman bunga adalah jenis tanaman yang termasuk tanaman hias. Beberapa orang memilih menanam tanaman bunga karena keindahan mahkota bunga serta aroma bunga yang segar. Selain itu, ada pula yang memilih menanam tanaman bunga karena bunga tersebut memiliki manfaat bagi manusia.
ADVERTISEMENT
Yups! Walaupun termasuk dalam kategori tanaman hias, ternyata beberapa bunga juga memiliki manfaat bagi manusia. Mari simak 5 jenis bunga yang bermanfaat bagi manusia berikut ini. Mulai dari merilekskan pikiran hingga mengusir nyamuk, semuanya ada, lho!

5 Jenis Bunga yang Bermanfaat bagi Manusia, Merilekskan Pikiran hingga Mengusir Nyamuk

Ilustrasi Mencium Aroma Bunga. Sumber: Pexels.com/Michelle Leman
Melansir dari https://athaya.co.id berikut adalah daftar 5 jenis bunga yang mempunyai manfaat bagi manusia. Simak uraian lengkapnya untuk mengetahui manfaat istimewa dari bunga.

1. Melati

Bunga Melati. Sumber: Pexels.com/Harvey Tan Villarino
Jenis bunga pertama yang memiliki manfaat bagi manusia adalah melati. Bunga melati mempunyai aroma yang khas sehingga banyak orang menggunakan bunga ini untuk wewangian. Oleh sebab itu, tak heran bila bunga yang satu ini sering kali menjadi bahan campuran dalam industri minyak atsiri, parfum, sabun, kosmetik, dan pembersih.
ADVERTISEMENT
Bagi anda yang ingin membeli karangan bunga wedding bisa mengunjungi situs yang terlampir.
Selain mempunyai aroma khas yang menyegarkan, ternyata aroma bunga melati mampu membantu manusia untuk merilekskan pikiran. Cal Orey dalam bukunya yang berjudul The Healing Powers of Essential Oils mengungkapkan bahwa minyak atsiri melati dapat menenangkan sistem saraf.

2. Kamomil

Bunga Kamomil. Sumber: Pexels.com/Sebastian Sørensen
Selain bunga melati, bunga kamomil juga termasuk bunga yang sering kali menjadi bahan campuran sebab wanginya yang menangkan. Oleh sebab itu, banyak orang mengolah bunga ini menjadi minyak esensial.
Salah satu manfaat terpopuler dari aroma minyak esensial kamomil adalah mampu menenangkan stress. Pasalnya, bunga ini mengandung komponen flavonoids, phenolic acids, serta tannins yang mampu membantu kita untuk lebih rileks.
ADVERTISEMENT

3. Mawar

Bunga Mawar. Sumber: Pexels.com/picjumbo.com
Bunga mawar adalah jenis bunga yang rasanya sudah tidak asing bagi kita. Pasalnya, bunga ini telah banyak digunakan oleh manusia untuk berbagai keperluan terutama di industri kecantikan.
Bukan hanya karena aromanya, bunga mawar banyak menjadi bahan campuran dalam industri kecantikan/kosmetik karena kandungannya yang mempunyai manfaat baik bagi kulit. Misalnya, antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit manusia.

4. Telang

Bunga Telang. Sumber: Pexels.com/Tamanna Rumee
Jika tiga jenis bunga sebelumnya terkenal dengan aroma yang khas serta menyegarkan, bunga telang lebih terkenal karena manfaatnya. Pasalnya, bunga berwarna biru keunguan ini tidak memiliki aroma yang begitu kuat.
Namun, bunga telang memiliki manfaat yang sangat baik bagi manusia. Mengutip dari yankes.kemkes.go.id, salah satu manfaat dari bunga telang adalah untuk memperbaiki sel-sel tubuh termasuk sel saraf. Pasalnya, bunga telang mengandung antioksidan seperti flavonoid dan antosianin.
ADVERTISEMENT

5. Lavender

Bunga Lavender. Sumber: Pexels.com/Pixabay
Jenis bunga kelima yang popular karena bermanfaat bagi manusia adalah bunga lavender. Pasalnya, bunga lavender memiliki aroma yang mampu membantu menenangkan pikiran hingga merilekskan ketika hendak tidur.
Selain dapat merilekskan, tanaman bunga lavender juga dapat mengendalikan serangga, lho! Oleh sebab itu, banyak orang menanam tanaman bunga lavender sebagai solusi untuk mengusir nyamuk.
Itulah lima jenis bunga yang bermanfaat bagi manusia. Sekian informasi tentang jenis bunga kali ini. Sampai jumpa lagi dengan informasi menarik lainnya, ya! (AA)