5 Jenis Teks Berita dan Penjelasannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
28 Agustus 2023 17:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ada Berapa Jenis Teks Berita. Foto: dok. Unsplash/Hayden Walker
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ada Berapa Jenis Teks Berita. Foto: dok. Unsplash/Hayden Walker
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pembahasan mengenai ada berapa jenis teks berita menjadi materi yang dipelajari siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Secara umum, teks berita terbagi menjadi lima jenis. Masing-masing berita memiliki ciri khas yang berbeda, khususnya dalam penyajiannya.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja jenis berita langsung atau straight news yang disusun dengan bahasa yang lugas dan ringkas. Selain jenis teks berita straight news, terdapat beberapa jenis berita lainnya yang dapat dijumpai saat menyimak berita baik di media cetak maupun media daring.

Mengenal Jenis Teks Berita dan Penjelasannya

Ilustrasi Ada Berapa Jenis Teks Berita. Foto: dok. Unsplash/Christian Lue
Mengutip buku berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan, Taufiqur Rahman, ‎Hamidulloh Ibda (2017: 47), teks berita adalah teks yang berisi laporan kejadian, peristiwa, informasi tentang sesuatu yang telah atau sedang terjadi.
Teks berita terdiri dari beberapa jenis. Ada berapa jenis teks berita? Berikut ini adalah 5 jenis berita yang disajikan lengkap dengan pembahasannya.

1. Berita Langsung (Straight News)

Jenis berita ini berisi informasi yang ditulis dan disusun secara lugas, dan ringkas. Biasanya berita jenis ini ditemui di halaman depan surat kabar atau halaman media online.
ADVERTISEMENT
Berita langsung umumnya terbagi menjadi dua macam, yaitu hard news yang merupakan berita dari kejadian terkini serta soft news yang berisi berita ringan.

2. Berita Mendalam (Depth News)

Jenis berita mendalam merupakan berita yang disusun dan dikembangkan dengan melakukan pendalaman dari suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi sehingga suatu bahasan yang dikaji dalam berita dapat terkupas secara tuntas dan mendalam. Unsur berita yang ditekankan pada jenis ini adalah mengapa, bagaimana, dan apa.

3. Berita Investigasi (Investigation News)

Berita investigasi merupakan jenis berita yang disusun sesuai dengan hasil penyelidikan atau penelitian yang dilakukan dari berbagai sumber untuk memperoleh fakta dan data yang belum, terkuak.
Penulis atau wartawan yang menyusun berita ini melakukan penyelidikan secara mendalam sehingga informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh.
ADVERTISEMENT

4. Berita Opini (Opinion News)

Berita opini merupakan jenis teks berita yang berisi laporan pandangan seseorang mengenai suatu fenomena sosial, ide kreatif, atau sesuatu yang penting lainnya. Berita opini ini disusun oleh seseorang yang sudah ahli dalam bidangnya seperti seorang cendekiawan, profesor, atau pejabat tertentu.

5. Berita Interpretatif (Interpretative News)

Berita interpretatif merupakan jenis berita yang disusun dan dikembangkan dengan pendapat atau penilaian dari wartawan berdasarkan fakta dan data yang ada.
Dalam berita ini biasanya memuat informasi latar belakang dari suatu hal, wawancara dari berbagai sumber, dan dilengkapi dengan data pendukung sehingga berita menjadi lengkap dan utuh.
Demikian pembahasan mengenai jenis teks berita yang beserta pengertiannya. Dengan mengenal jenis teks berita, pembaca dapat mengenali dengan mudah jenis teks berita yang dibacanya. (DAP)
ADVERTISEMENT