Tekno & Sains
·
19 Maret 2021 17:16

5 Manfaat Surat Ad Dhuha untuk Kehidupan di Dunia

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
5 Manfaat Surat Ad Dhuha untuk Kehidupan di Dunia (92919)
Ilustrasi Manfaat Surat Ad Dhuha. Sumber: Safa-Pexels.com
Seluruh firman Allah SWT yang terkandung di dalam Alquran tentu memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Demikian pula Surat Ad Dhuha yang merupakan surat pendek dengan sebelas Ayat.
ADVERTISEMENT
Surat yang memiliki arti waktu duha ini sering kali dikaitkan dengan sholat sunnah Dhuha. Hal itu terjadi karena salah satu anjuran surat yang dibaca saat melaksanakan Sholat Dhuha. Menurut Al’aydarus dalam bukunya yang berjudul “79 Macam Shalat Sunnat Ibadah Para Kekasih Allah” menjelaskan bahwa ketika melaksanakan Sholat Dhuha rakaat pertama dianjurkan untuk membaca Surat Asy Syams setelah Surat Al Fatihah dan membaca Surat Ad Dhuha pada rakaat kedua setelah Surat Al Fatihah (2017: 63). Oleh karena itu, salah satu manfaat dari Surat Ad Dhuha adalah untuk membuat ibadah Sholat Dhuha lebih afdal.

5 Manfaat Surat Ad Dhuha

Selain untuk dibaca ketika melaksanakan sholat sunnah Dhuha atau sholat lainya, Surat Ad Dhuha pun memiliki beragam manfaat bagi kehidupan di dunia. Mari kita ulas lima dari sekian manfaat Surat Ad Dhuha.
ADVERTISEMENT
1. Mengajarkan untuk Berlaku Baik pada Anak Yatim
Anjuran ini jelas tercantum dalam Surat Ad Dhuha ayat 9 yang berbunyi,

فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗfa ammal-yatīma fa lā taq-har

Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang.

Allah memerintahkan kita untuk tidak berlaku sewenang-wenang terhadap anak yatim. Nabi Muhammad yang merupakan Rasul Allah pun adalah sosok yang sangat menyayangi serta memuliakan anak yatim. Manfaat dari mengimani ayat ini adalah kita terbiasa untuk bersikap baik ke anak yatim dan semua orang.
2. Mengajarkan untuk Memiliki Empati
Sebuah penelitian dari Universitas Islam Negeri Walisongo yang berjudul “Formasi Kecerdasan Sosial dalam Surat Ad Dhuha” menjelaskan bahwa benang merah dari surat sebelas ayat ini adalah formasi kecerdasan sosial dan kandungan sifat empati tinggi yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW (Hidayatullah, 2017).
ADVERTISEMENT
Manfaat berempati bagi kehidupan di dunia sangatlah nyata. Allah SWT akan membalas segala perlakukan baik dengan perlakuan atau hal yang lebih baik. Begitu pula ketika memiliki empati antarsesama, sebagai manusia sudah selayaknya kita untuk hidup saling tolong menolong.
3. Mengingatkan Manusia untuk Bersyukur
Allah SWT menyayangi hamba-hamba-Nya yang senantiasa bersyukur. Surat Ad Dhuha ayat 11 berbunyi, “Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)”. Manfaat dari mengucap dan merasa bersyukur adalah selalu merasa cukup dan terhindari dari sikap iri dengki terhadap hal-hal yang tidak kita miliki. Hal ini tentu baik bagi ketenangan hati dan pikiran agar sehingga kita terhindar dari stress.
5 Manfaat Surat Ad Dhuha untuk Kehidupan di Dunia (92920)
Ilustrasi Bersyukur. Sumber: Andrea Piacquadio-Pexels.com
4. Membuat Kita Mudah Melakukan Ibadah Sholat Dhuha
ADVERTISEMENT
Ibadah Sholat Dhuha merupakan salah satu cara untuk mendatangkan rezeki. InsyaAllah dengan melaksanakan Sholat Dhuha, membaca Surat Ad Dhuha, dan yakin atas kuasa Allah kita akan mendapatkan rezeki yang berlimpah. Rezeki ini tentu akan bermanfaat untuk hidup di dunia dan bisa bermanfaat untuk kehidupan akhirat jika kita menggunakannya dengan baik serta bersedekah.
5. Menjadi Tambahan Hafalan Surat Pendek
Manfaat dari membaca Surat Ad Dhuha adalah bisa digunakan untuk tambahan hafalan surat pendek. Menghafal Alquran memang membutuhkan niat, tekad, dan komitmen maka Anda bisa mulai dengan menghafal surat pendek. Jika Anda mengenal Allah, menghafal kitab-Nya, InsyaAllah Allah akan Anda semakin dekat dengan-Nya.
Itulah lima manfaat dari Surat Ad Dhuha. Perlu Anda ingat bahwa kebenaran hanya milik Allah, beribadah niat karena Allah, dan belajar agama Allah harus bersama guru agama. Jadi, lengkapi pengetahuan Anda dengan bertanya dan belajar dengan guru agama, ya! Wallahualam Bissawab. (AA/RA)
ADVERTISEMENT