News
·
7 Maret 2021 1:29

5 Nabi Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya yang Agung

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
5 Nabi Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya yang Agung (30066)
searchPerbesar
Ilustrasi Kisah Nabi, sumber: Mestergraph
Tak semua nabi menjadi Rasul Ulul Azmi. Dari 25 Nabi yang Anda kenal, hanya 5 orang yang bisa menyandang gelar sebagai rasul dengan gelar tersebut. Terdapat 5 Rasul pilihan yang dijuluki Ulul Azmi. Ulasannya bisa dilihat dalam buku berjudul “Ulul Azmi: Kisah 5 Nabi yang Luar Biasa” karya Nurul Ihsan (Quntum Media:2008).
ADVERTISEMENT

Mukjizat Nabi Nuh AS sebagai Rasul Ulul Azmi

Berada pada lingkungan yang tidak mudah, Nabi Nuh cukup lama mengingatkan umatnya. Kebatilan yang merajalela membuat Allah memberikan kabar akan mendatangkan banjir bandang. Allah perintahkan untuk membuat kapal besar guna mengangkut pengikutnya yang taat. Sayangnya, Nabi Nuh tak bisa membawa istri dan anaknya yang masih ingkar pada ketuhanan Allah.
Nabi Ibrahim AS.
Salah satu mukjizat yang terkenal dari Nabi Ibrahim adalah saat api membakar tubuhnya, api tersebut tidak melalap dirinya. Ia dihukum oleh umatnya karena dianggap menyampaikan kesesatan. Allah yang menyayanginya, memerintahkan api untuk menjadi sejuk, sehingga beliau tidak terbakar.
Nabi Musa AS.
Musa dilahirkan pada masa pemerintahan raja paling lalim di muka bumi, yakni Firaun. Raja Mesir itu menganggap dirinya sebagai Tuhan. Musa memberikan peringatan agar bertaubat tetapi justru dikejar dan hendak ditangkap. Musa dan pengikutnya melarikan diri hingga sampai di tepi lautan.
ADVERTISEMENT
Allah memerintahkan Musa untuk mengayunkan tongkatnya, sehingga laut itu terbelah. Setelah selamat, ia menutup kembali lautan tersebut, sehingga rombongan Firaun yang mengejar justru tenggelam.
Nabi Isa AS.
Nabi Isa lahir tanpa ayah karena kuasa Allah. Salah satu mukjizatnya yang terkenal adalah dapat menyembuhkan orang sakit, bisa membuat burung dari tangannya, serta menghidupkan orang yang sudah meninggal dunia. Kitab Injil diturunkan pada masa Nabi Isa.
Nabi Muhammad AS.
Nabi akhir zaman satu ini adalah sosok agung yang disayangi Allah. Mukjizat paling besar yang diberikan kepada Nabi Muhammad adalah turunnya Al Quran sebagai pedoman umat islam. Al Quran adalah petunjuk untuk kebaikan dan tata laku manusia di dunia.
Keagungan dan mukjizat Rasul Ulul Azmi menjadi salah satu penghargaan dari Allah atas kelimanya. Masing-masing Rasul di atas telah menjalankan kewajibannya sebagai penyampai risalah ketuhanan. Hal inilah yang membuat Allah ridha atas mereka.(ANG)
ADVERTISEMENT