5 Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 Januari 2024 17:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia. Sumber: Unsplash/George Pagan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia. Sumber: Unsplash/George Pagan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia dilakukan dengan menjalin hubungan internasional dan ikut serta dalam organisasi internasional. Menjaga perdamaian dunia adalah kewajiban semua masyarakat dunia.
ADVERTISEMENT
Tentunya, setiap negara dan setiap orang ingin hidup dengan damai. Perdamaian bisa diwujudkan dengan beberapa hal seperti bergabung dalam organisasi-organisasi internasional.

Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia

Ilustrasi untuk Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia. Sumber: Unsplash/Bisma Mahendra
Dikutip dari Explore Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 2 untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI, Tijan dan Sugimin (2019:107), Indonesia adalah bagian dari masyarakat dunia sehingga berkewajiban ikut serta dalam menciptakan perdamaian dunia.
Peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia dilakukan melalui hubungan internasional dan organisasi internasional. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Indonesia aktif berpartisipasi dan berkontribusi dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB. Contoh peran Indonesia melalui organisasi ini adalah mengirimkan ratusan personel infanteri sebagai bagian dari United Nations Emergency Force (UNEF) di Sinai.

2. Konferensi Asia Afrika (KAA)

Peran Indonesia selanjutnya adalah ikut berpartisipasi serta berkontribusi aktif pada Konferensi Asia Afrika. Upaya ini sudah dilakukan Indonesia pada tahun 1953, yaitu dengan menyampaikan program pemerintah di depan Dewan Perwakilan Rakyat Sementara.
ADVERTISEMENT

3. Misi Garuda

Indonesia juga berperan dalam menciptakan perdamaian dunia melalui Misi Garuda. Misi Garuda merupakan pasukan penjaga perdamaian dari militer Indonesia yang bertugas di bawah PBB. Beberapa negara yang pernah menjadi tujuan Misi Garuda adalah Palestina, Mesir, Filipina, Bosnia, dan sebagainya.

4. Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)

Salah satu peran Indonesia untuk menciptakan perdamaian adalah melalui Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Indonesia juga merupakan salah satu pendiri organisasi ini. Contoh peran Indonesia adalah sebagai penengah atas konflik antara Kamboja dan Vietnam.

5. Organisasi Konferensi Islam (OKI)

Peran Indonesia selanjutnya adalah ikut berpartisipasi dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI). Peran Indonesia dalam organisasi ini antara lain adalah mendukung kemerdekaan Palestina dan upaya penyelesaian konflik antara Pemerintah Filipina dengan Moro National Liberation Front (MNLF).
ADVERTISEMENT
Ada banyak peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia. Beberapa di antaranya adalah berpartisipasi dan berkontribusi dalam PBB, ASEAN, dan OKI. (KRIS)