5 Sifat-Sifat Weda sebagai Kitab Suci Pemeluk Agama Hindu

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
18 Mei 2024 17:16 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sifat-Sifat Weda. Sumber: Unsplash/Alfiano Sutianto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sifat-Sifat Weda. Sumber: Unsplash/Alfiano Sutianto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Weda adalah kitab suci bagi pemeluk agama Hindu. Layaknya kitab suci, Weda mempunyai banyak sifat khusus. Salah satu dari sifat-sifat Weda, yaitu universal.
ADVERTISEMENT
Weda memiliki sifat universal karena berlaku untuk semua umat manusia. Selain memiliki sifat universal, kitab suci agama Hindu tersebut juga memiliki sifat Apauruçyam serta fleksibel.

5 Sifat-Sifat Weda sebagai Kitab Suci Umat Hindu

Ilustrasi Sifat-Sifat Weda. Sumber: Unsplash/Nick Fewings
Hindu sebagai salah satu kepercayaan yang ada di dunia tentu memiliki kitab suci. Hal itu umum terjadi karena setiap kepercayaan selalu mempunyai kitab suci sebagai sumber ajaran bagi setiap pemeluknya.
Kitab suci umat Hindu adalah Weda. Weda memiliki lima sifat yang khas. Dikutip dari buku Sanatana Dharma, Dharmaputra (2020: 23), berikut adalah lima sifat-sifat Weda.

1. Tidak Berawal dan Tidak Berakhir

Weda tidak berawal karena Weda merupakan sabda suci Tuhan yang telah ada sebelum alam semesta ini diciptakan oleh-Nya. Selain tidak berawal, Weda juga tidak berakhir.
ADVERTISEMENT
Weda tidak berakhir karena ajaran dalam Weda berlaku sepanjang zaman. Kondisi tidak berawal dan tidak berakhir pada weda disebut dengan Anādi Ananta.

2. Universal

Weda juga bersifat universal atau menyeluruh. Maksud dari sifat universal adalah Weda berlaku untuk semua umat manusia. Hal itu terjadi karena keluhuran ajaran suci dari Weda.

3. Berlaku Sepanjang Zaman

Weda juga memiliki sifat berlaku sepanjang zaman. Weda merupakan tuntunan hidup manusia yang dapat memberikan penjelasan mengenai hakikat Tuhan dan alam semesta sesuai dengan kemampuan daya pikir manusia.

4. Apauruçyam

Weda memiliki sifat Apauruçyam, artinya Weda tidak dibuat oleh manusia, melainkan diterima oleh orang-orang suci/para Mahāŗṣi berdasarkan wahyu. Weda bukan agama, budaya, atau hasil karya manusia.

5. Fleksibel

Weda bersifat fleksibel, yakni mempunyai keluwesan, tidak kaku, dan tidak memaksa.
ADVERTISEMENT

Macam-Macam Fungsi Weda Menurut Ajaran Hindu

Ilustrasi Sifat-Sifat Weda. Sumber: Unsplash/Artem Beliaikin
Weda yang merupakan kitab suci agama Hindu memiliki sejumlah fungsi. Mengutip dari buku yang sama, Dharmaputra (2020: 23 – 24), berikut adalah ragam fungsi Weda.
Demikian diketahui bahwa sifat-sifat Weda adalah tidak berawal dan tidak berakhir, universal, berlaku sepanjang zaman, Apauruçyam, serta fleksibel. Adapun fungsi Weda secara umum, yaitu sebagai sumber ajaran dan pedoman hidup bagi umat Hindu. (AA)
ADVERTISEMENT