Konten dari Pengguna

5 Tips Hemat Listrik Supaya Tagihan Berkurang

Berita Terkini
Penulis kumparan
5 Januari 2024 20:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Tips Hemat Listrik. Sumber: Unsplash/Ashes Sitoula
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Tips Hemat Listrik. Sumber: Unsplash/Ashes Sitoula
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips hemat listrik wajib diketahui oleh masyarakat agar tagihan bisa berkurang. Listrik adalah salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting. Dengan adanya listrik, berbagai aktivitas masyarakat bisa dilakukan dengan lebih nyaman.
ADVERTISEMENT
Energi listrik bisa dimanfaatkan untuk menjalankan berbagai peralatan listrik. Sayangnya, penggunaan listrik secara berlebihan akan membuat tagihan membengkak.

Tips Hemat Listrik yang Bisa Dilakukan

Ilustrasi untuk Tips Hemat Listrik. Sumber: Unsplash/Petter Rudwall
Dikutip dari Cara Menyelamatkan Bumi Kita dari Bencana, Kamaluddin (2021:112), sebagian besar energi listrik berasal dari bahan bakar fosil. Semakin banyak listrik digunakan, maka emisi karbon yang tercipta akan semakin banyak juga. Hal ini dapat menyebabkan global warming.
Selain memberikan dampak buruk bagi lingkungan, penggunaan listrik yang berlebihan akan mengakibatkan tagihan listrik yang harus dibayarkan menjadi besar. Oleh karena itu, tips hemat listrik berikut ini bisa dicoba.

1. Nyalakan Barang Elektronik Seperlunya

Tip pertama adalah selalu nyalakan barang elektronik seperlunya saja. Jika sedang tidak digunakan, matikan barang elektronik. Misalnya, nyalakan televisi ketika ingin menonton televisi saja. Selain itu, perhatikan juga penggunaan lampu. Matikan lampu ketika suasana masih terang.
ADVERTISEMENT

2. Gunakan Barang Elektronik Hemat Energi

Ketika akan membeli barang elektronik, pilih yang hemat energi. Barang-barang elektronik yang hemat energi akan bisa mengurangi konsumsi energi listrik sehingga tagihan bisa berkurang.

3. Sesuaikan Barang Elektronik dengan Kebutuhan

Tip berikutnya adalah menyesuaikan barang elektronik dengan kebutuhan. Misalnya untuk rumah tangga kecil cukup dengan kulkas satu pintu berukuran kecil saja. Bagi yang tinggal di wilayah yang sejuk juga tidak perlu membeli AC.

4. Sambung Daya Listrik sesuai Kebutuhan

Daya listrik yang dibutuhkan oleh setiap tempat berbeda-beda. Oleh karena itu, masyarakat bisa menyesuaikan berapa daya listrik yang akan disambung dari PLN.

5. Cabut Aliran Listrik

Kabel untuk peralatan elektronik akan tetap dialiri listrik meskipun tidak digunakan. Untuk mengemat energi listrik, masyarakat bisa mencabut kabel peralatan elektronik yang tidak digunakan. Hal ini terutama penting untuk dilakukan ketika akan bepergian dalam waktu lama.
ADVERTISEMENT

6. Membangun Rumah dengan Ventilasi Udara yang Baik

Ventilasi udara yang baik pada rumah akan membuat rumah menjadi sejuk. Dengan demikian, masyarakat bisa menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan kipas angin atau AC setiap saat.
Itulah beberapa tips hemat listrik yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar tahan berkurang. Tip tersebut juga bisa dilakukan sebagai upaya menanggulangi pemanasan global. (KRIS)