5 Usaha Penghematan Energi Listrik Sekolah

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
25 Oktober 2023 21:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tuliskan usaha penghematan energi listrik di sekolahmu! sumber foto: unsplash.com/Ed Us
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tuliskan usaha penghematan energi listrik di sekolahmu! sumber foto: unsplash.com/Ed Us
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menjaga lingkungan merupakan tugas seluruh manusia yang ada di bumi, apalagi saat ini lingkungan sudah mulai rusak. Berbicara mengenai menjaga lingkungan, coba tuliskan usaha penghematan energi listrik di sekolahmu!
ADVERTISEMENT
Energi listrik adalah salah satu kebutuhan penting bagi manusia, termasuk di lingkungan sekolah. Kebanyakan peralatan elektronik menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Listrik sendiri saat ini masih banyak dihasilkan dari bahan bakar fosil.

Tuliskan Usaha Penghematan Energi Listrik di Sekolahmu! Ini 5 Contohnya

Ilustrasi tuliskan usaha penghematan energi listrik di sekolahmu! sumber foto: unsplash.com/Anthony Indraus
Energi listrik yang digunakan saat ini sebagian besar berasal dari bahan bakar fosil, seperti batu bara, yang tidak dapat diperbaharui dan berdampak buruk bagi lingkungan. Oleh karena itu, perlu melakukan usaha penghematan energi listrik di sekolah agar tidak terjadi pemborosan dan polusi.
Coba tuliskan usaha penghematan energi listrik di sekolahmu! Berikut adalah beberapa contohnya dikutip dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 6 karya Christiana Umi, (2020).
ADVERTISEMENT

1. Mematikan Lampu di Ruangan Kelas Ketika Tidak Digunakan

Lampu adalah salah satu perangkat listrik yang paling sering digunakan di sekolah. Namun, seringkali lupa untuk mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan kelas atau saat tidak ada kegiatan belajar mengajar. Padahal, mematikan lampu bisa menghemat energi listrik hingga 10%.

2. Mematikan Kipas Angin atau AC

Kipas angin dan AC adalah perangkat listrik yang digunakan untuk mendinginkan ruangan kelas. Namun, jika ruangan kelas kosong atau tidak ada orang di dalamnya, sebaiknya mematikan kipas angin atau AC agar tidak menyedot energi listrik secara sia-sia.

3. Membuka Jendela dan atau Pintu untuk Mendapat Udara Segar

Udara segar adalah salah satu faktor yang penting untuk kesehatan dan kenyamanan di sekolah. Dengan membuka jendela dan atau pintu, bisa mendapatkan udara segar dari luar dan mengurangi penggunaan kipas angin atau AC.

4. Menghemat Air di Kamar Mandi

Air juga merupakan sumber energi yang harus dihemat di sekolah. Salah satu cara menghemat air adalah dengan mematikan keran saat tidak digunakan, misalnya saat menyikat gigi atau mencuci tangan.
ADVERTISEMENT

5. Menggunakan LCD Proyektor dan Komputer Seperlunya

LCD proyektor dan komputer adalah perangkat elektronik yang sering digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Namun, perangkat ini juga membutuhkan energi listrik yang cukup besar.
Oleh karena itu, harus menggunakan LCD proyektor dan komputer seperlunya saja, misalnya hanya saat ada presentasi atau tugas kelompok.
Pembahasan di atas merupakan usaha penghematan energi listrik di sekolahmu. Dengan melakukan usaha penghematan energi listrik di sekolah, bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi biaya operasional sekolah. (WWN)