5000 Langkah Berapa Menit? Ini Jawaban dan Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
10 Januari 2024 21:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk 5000 Langkah Berapa Menit. Sumber: Unsplash/Emma Simpson
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk 5000 Langkah Berapa Menit. Sumber: Unsplash/Emma Simpson
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Olahraga baik untuk dilakukan demi menjaga kesehatan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, salah satunya adalah jalan kaki. Jalan kaki bisa dilakukan sesuai kemampuan, misalnya 5000 langkah per hari. 5000 langkah berapa menit?
ADVERTISEMENT
Kecepatan jalan setiap orang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh kemampuan orang yang juga berbeda. Jadi, jawaban dari pertanyaan di atas bisa bervariasi.

Konversi 5000 Langkah ke Menit beserta Manfaat Jalan Kaki

Ilustrasi untuk 5000 Langkah Berapa Menit. Sumber: Unsplash/Arek Adeoye
5000 langkah berapa menit? Jika dilakukan dengan berjalan cepat, akan memerlukan waktu sekitar 45 hingga 50 menit.
Namun, jika dilakukan dengan berjalan santai, seseorang akan membutuhkan waktu lebih dari satu jam. Kecepatan dan jarak jalan harus disesuaikan dengan kondisi fisik dan usia masing-masing.
Di sisi lain mengutip dari Hidup Sehat, Kinerja Melejit, Setyaka (2016:99), jalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa membutuhkan keahlian khusus dan peralatan mahal dengan manfaat yang banyak.
Berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki untuk kesehatan.
ADVERTISEMENT

1. Memperkuat Jantung

Berjalan kaki setiap hari terbukti bisa mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Olahraga ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menjaga tekanan darah tetap normal.

2. Menghindarkan Diri dari Banyak Penyakit

Berjalan kaki dengan rutin akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga ini bisa mencegah berbagai penyakit, misalnya diabetes dan kanker.

3. Mencegah Obesitas

Berat badan berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini bisa diatasi dengan rajin berjalan kaki setiap hari. Selain untuk menjaga berat badan, berjalan kaki juga bisa meningkatkan massa otot sehingga metabolisme tubuh menjadi lancar.

4. Mencegah Pikun

Pikun biasanya diderita oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Biasanya, pikun dipengaruhi oleh pola makan dan pola hidup di masa muda dan berlanjut di masa tua. Pikun bisa dicegah dengan beberapa hal, salah satunya adalah dengan rajin jalan kaki.
ADVERTISEMENT
Jalan kaki dengan rutin membuat tubuh menjadi lebih kuat dan otak terlindungi dari penyusutan. Hasilnya, fungsi otak tetap terjaga dan pikun bisa dikurangi atau dicegah.
5000 langkah berapa menit? Jawabannya adalah sekitar 45 sampai 50 menit, namun bisa lebih lama jika berjalan dengan santai. (KRIS)