6 Cara Memelihara Kebersihan dan Kesehatan Diri yang Perlu Diketahui

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
17 Mei 2024 17:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Memelihara Kebersihan dan Kesehatan Diri. Sumber: Unsplash/naipo.de
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Memelihara Kebersihan dan Kesehatan Diri. Sumber: Unsplash/naipo.de
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara memelihara kebersihan dan kesehatan diri merupakan informasi bagi setiap manusia, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Informasi tersebut termasuk penting guna menjaga kenyamanan hidup manusia.
ADVERTISEMENT
Jika diri bersih dan sehat, manusia pun akan melakukan aktivitas lain dengan baik. Salah satu contoh adalah siswa yang sudah mandi dan sarapan tentu akan lebih segar serta siap belajar daripada siswa yang belum mandi atau belum sarapan.

6 Cara Memelihara Kebersihan dan Kesehatan Diri

Ilustrasi Cara Memelihara Kebersihan dan Kesehatan Diri. Sumber: Unsplash/Yazid N
Setiap orang perlu mengetahui cara memelihara kebersihan dan kesehatan diri untuk menjaga kenyamanan hidup. Ketika diri bersih dan sehat, seseorang tentu akan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, baik itu bekerja maupun belajar.
Cara memelihara kebersihan serta kesehatan diri ada banyak macamnya. Berikut enam contoh cara dasar guna menjaga kebersihan dan kesehatan diri yang mudah untuk diterapkan.

1. Rajin Mandi

Rajin mandi merupakan kunci utama untuk menjaga kebersihan diri, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Mandi dapat menghilangkan kotoran pada tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih segar dan terbebas dari ancaman kuman berbahaya.
ADVERTISEMENT

2. Selalu Mengganti Pakaian

Selain mandi, manusia juga perlu selalu mengganti pakaian, terutama ketika pakaian basah atau kotor. Kegiatan tersebut termasuk upaya menjaga kebersihan dan kesehatan diri karena pakaian yang basah atau kotor dapat menjadi sarang kuman.

3. Menggunting Kuku

Beberapa orang menyukai kuku yang panjang. Kuku panjang memang sering kali terlihat bagus, tetapi hal itu sebaiknya tidak dilakukan karena dapat merugikan diri. Hal yang lebih bijak daripada memelihara kuku panjang adalah mengguntingnya.
Dikutip dari buku Seri Aku Sehat Seperti Rasulullah: Aku Rajin Memotong Kuku, Fatkhani (2017: 12), beberapa manfaat memotong kuku, yaitu:
ADVERTISEMENT

4. Membersihkan Tempat Tidur

Membersihkan tempat tidur juga termasuk upaya menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Kegiatan membersihkan tempat tidur meliputi beberapa aspek, yakni:

5. Makan Tepat Waktu

Cara kelima untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri adalah selalu makan tepat waktu. Makan tepat waktu penting untuk membuat tubuh memiliki asupan nutrisi yang cukup untuk melakukan aktivitas lain.

6. Selalu Mencuci Tangan

Cara keenam adalah selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Beberapa kondisi wajib untuk mencuci tangan, yaitu:
ADVERTISEMENT
Kini diketahui bahwa ada banyak cara memelihara kebersihan dan kesehatan diri. Enam di antaranya adalah rajin mandi, selalu mengganti pakaian, menggunting kuku, membersihkan tempat tidur, makan tepat waktu, dan selalu mencuci tangan. (AA)