6 Jam Mandi yang Baik untuk Kesehatan Menurut para Ahli

Konten dari Pengguna
16 Mei 2022 17:52
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
6 Jam Mandi yang Baik untuk Kesehatan Menurut para Ahli (216194)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jam mandi yang baik, sumber foto: (Vershinsky) by Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Mandi adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan setiap hari oleh manusia. Setiap Negara memiliki kultur masing-masing mengenai waktu terbaik untuk mandi. Seperti halnya di Indonesia yang notabene memilih waktu mandi terbaik saat pagi hari. Sebagian orang menganggap bahwa mandi di malam hari tidaklah baik dan berbahaya bagi kesehatan. Namun, benarkah demikian? Faktanya, banyak para ahli berpendapat bahwa ada jam-jam tertentu di malam hari yang efektif digunakan untuk mandi. Lalu, kapan jam mandi yang baik untuk kesehatan menurut para ahli? Agar mengetahuinya, mari simak penjelasan selengkapnya di artikel ini.
ADVERTISEMENT

Jam Mandi yang Baik

Inilah beberapa waktu terbaik untuk mandi yang bisa dipilih untuk memperoleh kesehatan dan kebugaran:

1. Jam 03.00

6 Jam Mandi yang Baik untuk Kesehatan Menurut para Ahli (216195)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jam mandi yang baik, sumber foto: (Skynesher) by Unsplash.com
Waktu terbaik untuk mandi yang pertama yaitu pada pukul 03.00 pagi. Pada dasarnya, mandi setelah pukul 24.00 sangat dianjurkan oleh ahli medis karena dapat memberikan energi yang lebih besar untuk tubuh. Ibaratnya, ponsel yang baterainya lemah dapat kembali normal karena di-charge.
Mandi di pagi hari juga dapat membersihkan tubuh dari kuman-kuman yang menempel selama kamu tertidur. Mengutip buku Patofisiologi oleh Hadinata, dkk (2022), kuman yang melekat di kasur dan sprai dapat menyebar ke sekitar titik keci kulit yang mengelupas di tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kamu segera mandi agar tubuh kembali bersih.
ADVERTISEMENT

2. Jam 05.00

Selain dapat membersihkan kuman, mandi pada pukul 05.00 dapat melenyapkan rasa kantuk setelah bangun tidur. Pastinya, mandi sebelum matahari bersinar terik dapat mengembalikan kondisi tubuh lebih bugar.

3. Jam 7.00

Jam 07.00 juga termasuk waktu yang efisien untuk mandi, apalagi bagi Anda yang akan bersiap-siap untuk berangkat bekerja. Meskipun matahari sudah cukup tinggi, namun air masih terasa segar dan dingin. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kebugaran tubuh agar kembali fresh.

4. Jam 13.00

Setelah beraktivitas selama setengah hari, terkadang tubuh begitu gerah dan lengket akibat cuaca yang begitu panas dan terik. Jam 13.00 adalah waktu yang tepat untuk mandi karena matahari sudah tidak berada tepat di atas kepala. Sebelum mandi, sebaiknya biarkan tubuh kering terlebih dahulu untuk menghindarkan diri dari penyakit.
ADVERTISEMENT
Jika ingin mandi di sore hari, sebaiknya dilakukan sebelum waktu ashar. Karena, mandi di jam seperti itu, selain membuat tubuh menjadi segar juga bisa meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh, sehingga Anda tidak gampang terkena penyakit.

5. Jam 15.00

Jika ingin mandi pada waktu sore, sebaiknya dimulai pada pukul 15.00 atau awal memasuki waktu ashar. Sebaiknya, jangan mandi lewat pukul 16.00 WIB untuk menghindari risiko penyakit yang serius.

6. Jam 18.00

Beberapa sumber menyebutkan bahwa mandi di malam hari dilarang. Padahal, hal ini tidak masalah asalkan tidak dilakukan terlalu lama.
Pukul 18.00 masih menjadi waktu mandi yang efektif karena berada di antara sore dan malam. Jadi, air mandi tidak akan terlalu dingin dirasakan.
Pada dasarnya, waktu mandi terbaik cukup beragam dan tergantung pada masing-masing orang. Sebaiknya, mandi tidak dilakukan dengan berlama-lama agar tidak menimbulkan masuk angin.
ADVERTISEMENT
(DLA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020