7 Ayat Alkitab tentang Paskah 2022 dan Kebangkitan Tuhan Yesus

Konten dari Pengguna
16 April 2022 17:17
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
7 Ayat Alkitab tentang Paskah 2022 dan Kebangkitan Tuhan Yesus (114203)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Alkitab Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Paskah merupakan hari kemenangan atas kesengsaraan di mana Yesus Kristus bangkit dari kematian. Ada banyak ayat Alkitab tentang Paskah yang menggambarkan tentang kebangkitan Yesus setelah penyaliban tersebut.
ADVERTISEMENT
Kebangkitan Yesus memiliki makna hidup yang kekal bagi umat Kristiani. Mengutip Gereja, Agama-Agama, dan Pembangunan Nasional oleh Weinata Sairin (2006: 66), peristiwa kebangkitan ini menjadi bukti keteguhan komitmen Yesus terhadap masa depan umat manusia.
Yesus tidak rela jika masa depan umat manusia suram dan dipenuhi dosa. Karenanya, Dia rela mati di atas kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia.
Dikutip dari Cermin Remaja 2: Hidup dalam Anugerah-Nya oleh Kelompok Kerja Pendidikan Agama Kristen (PAK) PGI (2009: 91), Paskah menjadi puncak dari karya keselamatan Tuhan Allah yang dikerjakan di dalam Yesus Kristus untuk dunia. Karya keselamatan Tuhan tersebut dapat direnungkan melalui beberapa ayat Alkitab yang berisi firman Tuhan tentang Paskah.
Secara umum, firman Tuhan merupakan pelita bagi kaki dan terang bagi jalan manusia. Adapun ayat-ayat Alkitab dapat menjadi alat bagi Roh Kudus untuk melatih hati nurani manusia.
ADVERTISEMENT
Di bawah ini akan dipaparkan ayat-ayat Alkitab tentang Paskah untuk dapat dipahami umat Kristiani sebagai bahan refleksi diri.

Kumpulan Ayat Alkitab tentang Paskah

7 Ayat Alkitab tentang Paskah 2022 dan Kebangkitan Tuhan Yesus (114204)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ayat Alkitab tentang Paskah. Foto: Pixabay
Peristiwa kebangkitan Yesus yang merupakan pusat dan tema utama dari perayaan Paskah adalah buah dari ketaatan dan penyerahan diri Yesus kepada Bapa.
Kebangkitan Yesus menjadi puncak dari upaya perdamaian yang dilakukan Tuhan melalui Yesus serta karya pembebasan dan pembaruan dengan isi dunia ciptaan-Nya. Kebangkitan ini merupakan momentum kemenangan dari kematian.
Oleh karena itu, hari Paskah dalam Alkitab disebut juga hari kemenangan. Orang-orang yang merayakan Paskah adalah mereka yang menjalani hidup sebagai pemenang. Sebab, di dalam imannya kepada Tuhan yang telah mengerjakan karya keselamatan bagi manusia di dalam Yesus, mereka mendapat bagian dari karya keselamatan tersebut.
ADVERTISEMENT
Apa arti Paskah bagi umat Kristen? Hari Paskah mengingatkan kembali bahwa Tuhan telah melakukan karya pembebasan di dalam Yesus untuk memperbarui, memerdekakan, mendamaikan, dan memberdayakan manusia dari belenggu dosa.
Kebaktian dan perayaan paskah merupakan sarana untuk menyampaikan pesan bahwa di balik penderitaan selalu ada kemenangan. Paskah memungkinkan lahirnya keimanan yang kuat menghadapi penderitaan dan tantangan hidup yang dialami.
Salah satu bentuk perayaan Paskah adalah dengan benar-benar percaya bahwa kebangkitan Yesus membawa kelahiran baru. Selain itu, merenungi ayat-ayat Alkitab tentang Paskah juga menjadi salah satu cara mengimani kebangkitan Tuhan Yesus dari kematian.
Adapun beberapa ayat Alkitab tentang Paskah 2022 adalah sebagai berikut:
1 Koristus 15: 3
"Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci."
ADVERTISEMENT
Lukas 24: 5
"Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: 'Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?'"
Markus 16: 14
"Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya."
Matius 28: 7
"Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
Matius 20: 17-19
"Ketika Yesus akan pergi ke Yerusalem, Ia memanggil kedua belas murid-Nya tersendiri dan berkata kepada mereka di tengah jalan: 'Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.'"
ADVERTISEMENT
Yohanes 20: 17
Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada BapaKu dan Bapamu, kepada AllahKu dan Allahmu."
Roma 6: 5-6
"Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa."

Ayat Alkitab tentang Paskah Pendek

7 Ayat Alkitab tentang Paskah 2022 dan Kebangkitan Tuhan Yesus (114205)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Salib dan Alkitab. Foto: Unsplash
Selain sejumlah ayat Alkitab yang telah disebutkan di atas, berikut ini kumpulan ayat Alkitab tentang Paskah pendek yang dapat diresapi.
1 Korintus 6: 14
ADVERTISEMENT
"Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya."
1 Korintus 2:2
"Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan."
Yohanes 20: 29
Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, tapi percaya."
Filipi 2: 8
"Dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib."
Lukas 24: 6-7
"Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea."
(CHL & SFR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020