7 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa 2022 yang Awet

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
23 Mei 2022 22:22 WIB
·
waktu baca 13 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa 2022, Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa 2022, Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Laptop untuk mahasiswa adalah barang yang sangat penting. Apalagi sejak adanya pandemi Covid-19 hampir semua tugas dikerjakan menggunakan laptop, karena adanya pembalajaran jarak jauh.
ADVERTISEMENT
Dibandingkan dengan PC, laptop lebih praktis dibawa kemana-mana. Tidak hanya untuk mengetik tapi juga sekaligus untuk mendukung presentasi. Kebutuhan mahasiswa akan sebuah laptop sebenarnya pun beragam tergantung dari jurusannya.
Untuk jurusan desain grafis tentu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi karena akan sering digunakan untuk membuat desain. Sedangkan untuk jurusan yang tidak berkaitan dengan design, mungkin bisa menggunakan laptop dengan spesifikasi yang standar.
Lantas bagaimana spesifikasi laptop yang bagus untuk mahasiswa? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Laptop apa yang Bagus Buat Mahasiswa?

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa 2022, Foto: Unsplash.
Saat ini ada banyak merek laptop untuk mahasiswa dengan berbagai spesifikasi yag beragam. Mulai dari yang standar, menengah, hingga spesifikasi yang tinggi.
ADVERTISEMENT
Ada banyak merek ternama di pasaran yang turut merilis laptop untuk mahasiswa, seperti Asus, Lenovo, Acer, Toshiba, Dell, dan lain-lain. Dari segi harga pun bervariasi, tergantung spesifikasi yang ditawarkan.
Biasanya kalangan anak muda memilih laptop dilihat dari sisi desian dan bentuk tanpa mempedulikan fitur-fiturnya. Namun, tentunya sebagai mahasiswa harus mempertimbangkan beberapa aspek sebelum membeli laptop.
Sebelum mengetahui rekomendasi laptop yang bagus untuk mahasiswa, ada baiknya kamu perlu tau tips saat ingin membeli laptop untuk menunjang aktivitas kuliahmu.
Dikutip dari buku Panduan Membeli Komputer Murah dan Berkualitas oleh Hasnul Arifin, berikut beberapa tip yang bisa dijadikan acuan sebelum membeli laptop.
1. Kegunaan Laptop
Dengan beragam produk laptop, kamu perlu mempertimbangakan kegunaan laptop yang akan dibeli. Jika laptop hanya digunakan untuk pekerjaan ringan seperti presentasi dan pekerjaan office sederhana, kamu cukup membeli laptop jenis standar.
ADVERTISEMENT
Laptop dengan spesifikasi tinggi biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi teretntu yang memerlukan kinerja komputer yang kuat, seperti aplikasi untuk produk grafis dan animasi.
2. Kelengkapan konektivitas dan fasilitas lainnya
Pilihlah laptop yang memiliki fasilitas koneksi dengan perangkat luar yang lengkap. Fasilitas konektivitas standar yang dimiliki laptop adalah modem dial-up, LAN, Wireless LAN (Wi-Fi), VGA out, dan USB port.
Sedangkan fasilitas tambahan lainnuya seperti Bluetooth, infrared, media drive, kamera internal, dan firewire.
3. Perangkat lunak yang digunakan
Pertimbangan lainnya adalah produk softwere yang akan digunakan. Sebab, beberapa pekerjaan memerlukan softwere aplikasi tertentu dan aplikasi tersebut biasanya memerlukan sistem tertentu pula. Jadi pastikan laptop yang kamu beli mendukung untuk kinerja aplikasi tersebut ya!
ADVERTISEMENT
4. Pastikan toko komputer menjadi agen penjual resmi
Tidak semua toko komputer yang menjual laptop teretntu adalah agen penjualan resmi dari produk tersebut. Untuk itu, pastikan untuk membeli laptop pada dealer atau distributor resmi yang tertera di website produsen.
5. Pastikan ada layanan service center di kotamu
Tidak semua produk laptop memiliki layanan service center di kota kamu. Sebab kamu akan kesulitan jika terjadi kerusakan pada laptop yang dibeli sedangkan service center produk tesrsebut ada di luar kota yang jauh.
6. Pastikan jaminan garansi produk
Produk laptop biasanya memiliki jaminan garansi antara 1 hingga 3 tahun. Cek kembali apakah nomor seri laptop sesuai dengan kartu garansi sebelum membelinya.

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa 2022

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa 2022, Foto: Unsplash.
Itulah beberapa tips sebelum membeli laptop untuk mahasiwa. Berikut rekomendasi laptop untuk mahasiswa 2022 yang awet dan tahan lama:
ADVERTISEMENT

1. ASUS Vivobook Go 14

ASUS Vivobook Go 14 bisa menjadi pilihan laptop untuk pelajar dan mahasiswa yang sedang mencari laptop murah. Dengan harga mulai dari Rp6.299.000, mahasiswa sudah dapat membawa pulang laptop komplit yang bisa memenuhi semua kebutuhan kuliah sampai lulus. Dijamin awet karena sudah lolo standar military grade US MIL-STD 810H.
Vivobook Go 14 ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 5, memori LPDDR5 cepat 16GB, dan ruang penyimpanan 512GB yang dapat membantu menyelesaikan semua misi produktivitas para pelajar dan mahasiswa. Laptop juga didukung fast charging yang bisa mengisi baterai hingga 60 persen dalam waktu 49 menit.
Vivobook Go 14 memiliki layar tersertifikasi TÜV Rheinland yang menampilkan visual yang nyaman pada mata pengguna, dengan bezel tipis NanoEdge yang dapat menyediakan lebih banyak ruang untuk multi-tasking. Laptop dilengkapi dengan engsel lay-flat 180 derajat, keyboard ASUS ErgoSense yang nyaman diketik lengkap dengan backlit keyboard, pelindung webcam fisik, fingerprint sensor hingga port konektivitas komplit mulai dari USB-C 3.2 Gen 1, USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, USB 2.0, HDMI, dan soket kombo audio.
ASUS Vivobook Go 14. Foto: ASUS Indonesia
2. Lenovo IdeaPad S145
ADVERTISEMENT
Rekomendasi laptop untuk mahasiswa adalah Lenovo IdePad S145. Menawarkan spesifikasi yang lumayan menjanjikan dan harga terjangkau, Lenovo IdeaPad S145 adalah salah satu pilihan laptop terbaik untuk mahasiswa dan pelajar yang menginginkan laptop kencang, desain kekinian, dan tetap ramah di kantong.
Dibekali layar berukuran 15.6 inci dan prosesor Intel Celeron N4000, laptop ini cocok banget untuk kebutuhan ringan seperti misalnya mengetik, browsing, menjalankan program Microsoft Office serta pastinya untuk kebutuhan penggunaan platform belajar online seperti Zoom dan lain-lain.
3. Dell Latitude 3190
Dengan Dell Latitude 3190 yang mendukung layar touchscreen, pengguna sungguh bisa rasakan navigasi yang lebih mudah dibandingkan mouse dan keyboard saja. Rekomendasi laptop untuk mahasiswa yang satu ini juga memiliki layar yang bisa disentuh juga dapat mendukung penggunaan yang lebih fleksibel, seperti mencatat langsung di layar, menggambar, ataupun membubuhkan tanda tangan secara praktis.
ADVERTISEMENT
4. Acer Aspire 3 A315-41G-R38X
Laptop buatan Acer juga masuk dalam daftar rekomendasi laptop untuk mahasiswa terbaik 2022 lewat produknya Acer Aspire 3 A315-41G-R38X. Laptop seharga Rp 4 jutaan ini menggunakan prosesor prosesor AMD RYZEN R7 2700U 2.2GHz – 3.8GHz. Dengan RAM: 8 GB DDR4 2133 MHz Dual Channel dan storage: 128 SSD + 1TB HDD, tentunya laptop ini sudah cukup mumpuni.
Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa 2022, Foto: Unsplash.
5. Lenovo Yoga 529-0GID
Rekomendasi laptop untuk mahasiswa terbaik 2022 berikutnya adalah Lenovo Yoga 520-0GID. Ini cocok bagi anda yang mencari laptop dengan fokus kecepatannya dalam memproses data. Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i3-7130U yang diklaim memiliki kecepatan hingga 2.70 GHz. Selain itu laptop ini juga memiliki kapasitas RAM sebesar 8GB serta memori penyimpanan hingga 1TB.
ADVERTISEMENT
6. ASUS VivoBook Flip 14
ASUS VivoBook Flip 14 TP412UA memiliki layar sentuh resolusi FHD berukuran 14 inci. Keunggulan laptop VivoBook Flip 14 adalah layarnya dapat diputar 360 derajat. Untuk prosesor, ASUS VivoBook Flip 14 telah didukung prosesor Intel Core i5-8250U dan GPU Integrated Intel HD Graphics 620. Laptop untuk mahasiswa ini juga didukung oleh RAM 4GB dan SSD berkapasitas 256GB. Mengenai harga ASUS VivoBook Flip 14 dibandrol mulai dari Rp 10 jutaan.
7. HP 245 G7
HP 245 G7 dipersenjatai dengan spesifikasi keren yaitu Layar: 14" diagonal HD SVA anti-glare WLED-backlit, 220 nits, 45% NTSC (1366 x 768), Processor: AMD Ryzen™ 3 3300U APU with Radeon™ Vega Graphics (2.5 GHz base frequency, up to 3.4 GHz burst frequency, 5 MB cache, 2 cores), Graphic Card: Radeon™ Vega 3 Graphics, RAM: 4 GB DDR4-2400 SDRAM (dual slots) dan Storage: 256 GB M.2 SATA SSD.
ADVERTISEMENT

Adakah Harga Laptop di Bawah 2 Juta?

Laptop untuk mahasiswa harga dibawah dua juta. Foto: Unsplash.
Laptop dengan harga yang mahal sudah pasti ditunjang dengan spesifikasi yang tinggi. Tapi adakah harga laptop di bawah 2 juta?
Untuk laptop keluaran terbaru dengan harga di bawah dua juta mungkin jarang ditemukan. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan laptop dengan harga di bawah dua jutaan.
Dihimpun dari berbagai sumber berikut daftar rekomendasi laptop harga di bawah 2 jutaan.
1. HP Pavilion 10-f100au
Laptop dengan harga di bawah 2 juta yang pertama adalah HP Pavilion 10-F100au. Laptop ini menawarkan dua versi dengan kapasitas HDD dan OS yang berbeda. Versi pertama dibekali dengan penyimpanan sebesar 320 GB, sedangkan versi lainnya sebesar 500 GB.
ADVERTISEMENT
Laptop ini memiliki prosesor AMD A4-1200 yang memilii kecepatan 1 GHz, dan didukung oleh RAM 2 GB. Hanya dengan harga berkisar 1,9 juta rupiah kamu sudah bisa mendapatkan laptop untuk menunjang pekerjaanmu.
2. Lenovo Ideapad s10
Merk laptop di bawah 2 jutaan selanjutnya datang dari produsen Lenovo. Walaupun hanya dibanderol sekitar 1,6 juta rupiah tetapi spesifikasinya sudah mumpuni untuk kelas notebook menengah ke bawah.
Prosesor yang tersemat adalah Atom N270 dengan kecepatan 1,6 GHz. Performanya ditunjang dengan HDD 160 GB, RAM 1 GB, dan chipset Calistoga GME i945.
3. Asus Eee PC 1015PX
Asus memang dikenal dengan banyaknya jenis laptop yang tersedia untuk konsumen. Salah satunya yaitu Asus Eee PC 1015PX untuk kalangan menengah ke bawah. Dengan harga 1,5 juta, Asus Eee Pc 1015PX mengusung layar dengan luas 10 inci.
ADVERTISEMENT
Memiliki prosesor dual core Intel Atom N570 berkecepatan 1,66 GHz dengan RAM 2 GB dan memori penyimpanan 320 GB. Secara kinerja mungkin tidak terlalu powerfull, namun tetap cocok untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas ringan.
4. Acer Aspire One Happy N57C
Rekomendasi laptop dengan harga murah selanjutnya adalah laptop merek Acer Aspire One Happy N57C. Sesuai dengan namanya, laptop ini menawarkan balutan warna yang ceria, seperti biru, hijau, ungu dan juga pink.
Laptop ini mengandalkan layar dengan ukuran 10,1 inci. Dengan processor intel Atom N570 kecepatan 1,6 GHz. Kinerjanya dibantu dengan RAM 1 GB dan memori HDD 320 GB. Saat ini Acer Aspire One Happy N57C bisa Anda dapatkan dengan banderol harga sekitar Rp 1,2 jutaan saja.
ADVERTISEMENT
5. Axioo Mybook 14
Selanjutnya rekomendasi laptop harga di bawah dua juta rupiah ada Axioo MyBook 14. Axioo MyBook 14 mengusung layar 14 inci dengan resolusi Full HD. Notebook yang sudah menjalankan sistem operasi Windows 10 ini bisa dimiliki dengan harga Rp 1,8 jutaan saja.

Budget 4 Juta Beli Laptop Apa?

Laptop untuk mahasiswa budget 4 juta. Foto: Unsplash.
Pada saat ini, dengan budget 4 juta kamu sudah mendapatkan laptop dengan prosesor generasi terbaru dengan penyimpanan besar, lengkap dengan tekonologi dan fitur yang canggih. Bahkan dengan budget tersebut, kamu sudah bisa memiliki laptop dengan RAM sebesar 8 GB.
Dikutip dari laman Tokopedia, berikut ini rekomendasi laptop untuk mahasiswa dengan harga 4 jutaan yang bisa kamu jadikan opsi.
1. Lenovo Idepad Slim 3
ADVERTISEMENT
Rekomendasi laptop harga 4 jutaan yang pertama adalah Lenovo Ideapad Slim 3. Dengan rentang harga Rp4.100.000, laptop ini sudah dibekali dengan AMD 3020e Processor, AMD Graphics, RAM 4GB, Internal Storage SSD 256GB, dan layar 14” HD TN 22-nits Anti-glare.
Selain itu, material bodi dari Lenovo Ideapad Slim 3 juga telah menggunakan polikarbonat dan bisa kamu bentangkan hingga 180 derajat. Sehingga, laptop ini memiliki fleksibilitas yang tinggi.
2. Asus VivoBook 14 A416MA
Rekomendasi laptop dengan harga 4 jutaan adalah Asus VivoBook 14 A416MA. Laptop dengan harga Rp4.689.000 ini sudah memiliki prosesor Intel Celeron N420 Ddengan kecepatan 1.1 Gz.
Layarnya berukuran 14.0” (16:9) dengan kemampuan anti-glare membuat mata nyaman memandang layar laptop tanpa ada pantulan cahaya. Ditambah, untuk kebutuhan medianya juga sudah ditunjang karena resolusinya layar sudah FHD (1920x1080).
ADVERTISEMENT
3. Acer Aspire 3 Slim A31422
Acer Aspire 3 Slim memiliki desain super slim yang mudah dibawa kemana-mana. Dengan harga Rp4.749.000, laptop ini memiliki layar dengan ukuran 14.0. Memiliki resolusi Full HD (1920 x 1080) dan fitur Acer ComfyView.
Meskipun kapasitas memorinya hanya 256GB, namun performanya tidak usah diragukan lagi karena telah ditunjang SSD PCie NVMe M.2. Sedangkan, RAM-nya memiliki kapasitas 4GB cukup untuk multitasking mengerjakan tugas.
4. HP 14s DK0023AU
Kapasitas memorinya hanya 256GB namun performanya tidak usah diragukan lagi karena telah ditunjang SSD PCie NVMe M.2. Sedangkan, RAM-nya memiliki kapasitas 4GB cukup untuk multitasking mengerjakan tugas.
Performa dimiliki laptop ini memang bukan yang paling kencang, tetapi prosesor AMD A9-9425 dan RAM 4 GB yang ditawarkan ini tentu kuat untuk menjalankan aplikasi ringan seperti Office dan browser.
ADVERTISEMENT
Dengan Harga Rp4.340.000 HP 14s-DK0023AU memiliki media penyimpanan berupa hard disk berkapasitas 1TB 5400rpm SATA untuk menampung banyak file multimedia dan dokumen.
5. Asus X412UA
Spesifikasi yang dimiliki Laptop Asus Vivobook 14 A412DA ini, bisa dibilang sudah cukup oke untuk kamu yang mencari laptop dengan budget 4 jutaan.
Dengan harga mulai dari Rp4.349.000, Asus X412UA menjadi salah satu laptop terjangkau yang paling populer. Ia memiliki prosesor dengan tenaga intel N4417 2.3 GHz dengan RAM 4 GB.

Berapa Lama Daya Tahan Laptop?

Ilustasi daya tahan laptop. Foto: Unsplash
Laptop sering disebut sebagai komputer jinjing karena sifatnya yang mudah dibawa kemana-mana. Sehingga tak heran jika komponennya didesain secara khusus untuk mengkomodasikan sifat komputer mobile.
Dikutip dari buku Panduan Praktis Buka Usaha Dengan Modal Laptop terbitan Elex Media Komputindo, sifat utama yang dimiliki alat elektronik ini adalah ukuran yang kecil, hemat daya, dan tidak cepat panas.
ADVERTISEMENT
Daya tahan baterai laptop saat ini berkisar antara 1 hingga 6 jam, tergantung spesifikasi dan ukuran baterai. Daya tahan tersebut sangat tergantung pada penggunaannya.
Baterai laptop akan lebih cepat habis jika digunakan untuk bermain game. Namun akan lebih tahan lama jika digunakan untuk sekedar mengetik atau browsing internet.

Apakah Laptop Gaming Bisa Digunakan Untuk Belajar?

Ilustrasi laptop gaming. Foto: Unsplash
Banyak dari masyarakat yang awam belum tahu apakah laptop gaming bisa digunakan untuk belajar. Jika dilihat dari spesifikasinya, biasanya laptop gaming memiliki spefikasi yang tinggi, ram yang besar, serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih.
Maka tak heran, jika laptop gaming memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari laptop-laptop biasa. Dikutip dari buku Laptop &Netbook terbitan Media Kita, laptop gaming memiliki chipset grafis di atas rata-rata.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, sebuah laptop gaming mutlak memiliki prosesor dan memori yang mumpuni. Sebab, jika tidak memiliki hal itu grafis game bisa saja tersendat gara-gara prosesor dan memori yang lambat.
Ciri lain sebuah laptop gaming adalah desain dan tata letak perangkat tersebut. Umumnya, tombol W S A D pada keyboard akan diberi ciri yang berbeda seperti warna hingga teksturnya.
Selain itu, touchpad pada laptop gaming umumnya diletakkan oleh produsen di sebelah kiri. Tujuannya agar bisa diakses dengan mudah oleh jempol gamer sambil tetap mengendalikan tombol W S A D.
Dilihat dari penjelasan spesifikasi yang dimiliki laptop gaming, laptop tersebut sudah tentu bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi standar termasuk aktivitas desain. Jadi, jika kamu menggunakan laptop gaming untuk belajar pasti juga akan lancar.
ADVERTISEMENT

Apa Perbedaan Antara Laptop dan Notebook?

Perbedaan antara laptop dan notebook. Foto: Unsplash
Banyak orang yang bertanya apa perbedaan antara laptop dan Notebook karena memiliki bentuk yang sama dan juga fungsi yang sama. Dijelaskan dalam buku Cara Praktis Mengoptimalkan Netbook terbitan Elex Media Komputindo, perbedaan dari keduanya ada di harga dan ukuran.
Secara umum, laptop memiliki fungsi yang sama seperti komputer PC dan bisa digunakan untuk pekerjaan berat. Laptop juga memiliki fitur fitur lainnya yang sudah termasuk di dalamnya, sepeti webcam, Wi-Fi, Bluetooth, SD Card, dan adanya optical drive untuk menjalankan CD atau DVD.
Dari ukurannya, laptop memiliki ukuran yang sedang dan besar. Laptop sedang memiliki ukuran 13,3 sampai dengan 14.1 inci. Sedangkan laptop dengan ukuran besar yaitu 15 inci.
ADVERTISEMENT
Laptop ukuran besar sangat cocok digunakan untuk editing foto, gamer, dan multimedia. Laptop yang didesain khusus untuk para gamer memiliki spesfikasi yang berbeda dari laptop pada umumnya.
Sedangkan notebook merupakan varian laptop yang ukuran dan harganya di bawah laptop. Ukuran notebook biasanya hanya sekitar 10-12 inchi saja.
Notebook hanya mampu digunakan untuk pekerjaan ringan. Sedangkan untuk daya tahan baterai pada notebook umumnya hanya bisa digunakan 1-3 jam saja.
Demikianlah rekomendasi laptop untuk mahasiswa tahun 2022 yang awet dan tahan lama. Memiliki laptop sendiri dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan atau tugas yang diberikan.
Kamu bisa membawa laptop kemanapun, karena laptop sangat praktis untuk ditenteng ataupun dimasukan kedalam tas yang kamu bawa.
ADVERTISEMENT
(UMI & IPT)