Bisnis
·
22 Juli 2021 15:50
·
waktu baca 2 menit

7 Usaha Sampingan di Desa yang Dapat Dimulai dengan Modal Kecil

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
7 Usaha Sampingan di Desa yang Dapat Dimulai dengan Modal Kecil (40274)
searchPerbesar
ilustrasi ide usaha sampingan di desa, sumber gambar: https://www.unsplash.com/
Saat ini, ada banyak usaha sampingan di desa yang dapat dimulai dengan modal kecil. Banyak orang desa yang tidak berani memulai bisnis karena berbagai alasan, entah karena kurangnya modal atau wilayah yang kurang mendukung.
ADVERTISEMENT
Padahal, saat ini ada banyak ide bisnis di desa yang dapat dimulai dengan modal kecil. Meskipun berada di wilayah pedesaan, namun ide usaha ini cukup menjanjikan dan dapat menunjang pemasukan Anda.
Dikutip dari buku Menjadi Pengusaha Setelah di-PHK oleh Nurnitasari, dkk,(2009: 17) inilah beberapa tips memulai bisnis dengan modal kecil:
• Miliki alasan yang jelas dalam memulai bisnis
• Bangun model usaha yang sesuai dengan karakter Anda
• Posisikan produk/jasa secara jelas
• Mulai bisnis dengan anggaran kecil
• Cari mitra kerja yang sefrekuensi dengan Anda.

7 Usaha Sampingan di Desa dengan Modal Kecil

7 Usaha Sampingan di Desa yang Dapat Dimulai dengan Modal Kecil (40275)
searchPerbesar
ilustrasi ide usaha sampingan di desa, sumber gambar: https://www.unsplash.com/
Berikut adalah peluang usaha sampingan di desa yang dapat Anda mulai dengan modal kecil:
1. Ternak Lele
ADVERTISEMENT
Ternak lele membutuhkan kolam untuk menampungnya. Namun, jika belum memiliki kolam, maka Anda bisa menyewa terlebih dahulu sebagai langkah uji coba atau pembelajaran.
Modal yang perlu dikeluarkan tidak terlalu besar karena harga satu ekor bibit ikan lele berkisar antara Rp. 100 – Rp. 300, tergantung dengan ukuran bibit ikan. Saat panen, Anda bisa menjualnya di pasar atau menjualnya sendiri di rumah.
2. Ternak Ayam
Lingkungan pedesaan yang masih lapang cocok untuk usaha ternak ayam. Modal yang dibutuhkan untuk beternak ayam tidaklah besar, tergantung kebutuhan dan kapasitas Anda. Tentunya, ternak ayam sangat cocok dijadikan usaha sampingan di desa karena Anda masih bisa mengurus pekerjaan lain di samping mengurus ayam.
3. Jual Ayam Potong
ADVERTISEMENT
Belakangan ini, bisnis jual ayam potong sangat diminati di pedesaan. Jika di desa Anda belum banyak penjual ayam potong, maka Anda bisa mencoba peluang bisnis ini untuk sampingan. Bahkan jika sudah lancar, bisnis ini dapat menjadi usaha utama Anda karena keuntungannya sangat menjanjikan.
4. Berkebun Pisang
Usaha sampingan di desa yang tidak membutuhkan modal besar adalah berkebun pisang. Pisang merupakan pohon yang mudah sekali tumbuh dan beranak. Jika Anda memiliki tanah yang kosong, maka berkebun pisang dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.
5. Berkebun Sayuran
Sayuran termasuk makanan pokok yang digemari di pedesaan. Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini untuk mendulang keuntungan.
6. Berkebun Cabe
Cabe masih menjadi komoditi yang menjanjikan keuntungan menggiurkan. Kadang, harga cabe dapat menyentuh angka Rp. 100.000 bahkan lebih mahal lagi. Apalagi, perawatan pohon cabe tidak sulit, sehingga cocok dijadikan ide usaha di desa.
ADVERTISEMENT
7. Usaha Warung Sembako
Sembako termasuk jenis kebutuhan sehari-hari. Jika Anda ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan, maka usaha warung sembako dapat dijadikan alternatif terbaik. Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar karena bisnis ini dapat dimulai sesuai dengan budget Anda.