8 Susunan Acara Lamaran Sederhana di Rumah yang Sering Digunakan

Konten dari Pengguna
5 Agustus 2022 19:05
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi acara lamaran di rumah. Foto: unsplash.com/drewcoffman
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi acara lamaran di rumah. Foto: unsplash.com/drewcoffman
ADVERTISEMENT
Menikah adalah impian dari setiap pasangan. Sebelum melangsungkan prosesi pernikahan, terdapat sebuah prosesi yang tak kalah pentingnya, yakni lamaran. Lamaran merupakan momen pertemuan pihak mempelai pria mendatangi rumah pihak perempuan. Mesipun bukan sebuah keharusan, namun masyarakat Indonesia sering dipandu oleh MC. Agar Anda tidak bingung saat hari tersebut tiba, ini dia 8 susunan acara lamaran sederhana di rumah yang sering digunakan di Indonesia.
ADVERTISEMENT

8 Susunan Acara Lamaran Sederhana di Rumah yang Sering Digunakan

Dikutip dari buku Let's Get Married, Panduan Lengkap Menuju Resepsi Pernikahan oleh Liza Zakaria, dkk (2007:23), melamar atau lamaran merupakan langkah awal menuju tali pernikahan. Melalui prosesi inilah kesiapan pihak pria mencakup sadang, pangan, dan papan serta hidup mengayomi bersama pasangan dalam satu rumah tangga diuji di depan orang tua wanita.
Lamaran diwakilkan oleh orang tua pihak pria meminta izin kepada orang tua pihak wanita untuk meminang sang buah hati.
Di setiap daerah di Indonesia memiliki susunan acara lamarannya masing-masing mengikuti adat istiadat. Akan tatapi secara garis besar susunan acara lamaran yang paling umum dilakukan di Indonesia yakni:

1. Hadirnya Mempelai Pria bersama Keluarga

Prosesi lamaran pertama kali terjadi ketika keluarga mempelai pria tiba di rumah mempelai wanita. Pihak keluarga wanita akan menyambut dengan mempersilahkan masuk ke rumah.
ADVERTISEMENT
Selain itu, keluarga inti mempelai pria membawakan seserahan untuk sang mempelai wanita.

2. Pembukaan Acara Lamaran

Setelah seluruh keluarga pihak mempelai pria sudah dipersilahkan duduk, maka sang MC mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran semua pihak.
Kemudian MC akan membacakan susunan acara lamaran secara singkat dan memperkenalkan tentang kedua mempelai.

3. Menyampaikan Maksud Kedatangan Mempelai Pria dan Keluarga

Setelah pembukaan oleh pembawa acara, acara selanjutnya adalah penyampaian maksud dari perwakilan mempelai pria yang biasanya disampaikan oleh ayah dari sang mempelai pria untuk melamar mempelai wanita. Selain itu, ia juga akan menanyakan apakah mempelai wanita menerima lamaran dari mempelai pria.

4. Jawaban dari Pihak Mempelai Wanita

Pembawa acara akan mempersilahkan perwakilan mempelai wanita yang biasa diberikan kepada sang ayah untuk memberikan jawaban. Apabila lamaran diterima, maka pihak perempuan akan menyambut dengan baik rencana pernikahan.
ADVERTISEMENT

5. Pemberian Seserahan Kepada Mempelai Wanita

Setelah mendapat restu, maka pihak keluarga mempelai pria menyerahkan seserahan kepada mempelai wanita.
Ilustrasi tukar cincin. Foto: unsplash.com/beatriz_perez
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tukar cincin. Foto: unsplash.com/beatriz_perez

6. Tukar Cincin

Proses tukar cincin lamaran dilangsungkan setelah penyerahan seserahan. Biasanya, sang ibu dari mempelai laki-laki akan memasangkan cincin kepada mempelai wanita. Begitu pula sebaliknya, ibu dari mempelai wanita menyerahkan cincin kepada mempelai pria.

7. Perkenalan Antar Keluarga Mempelai

Setelah pertukaran cincin, acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan antar keluarga. Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar keluarga. Perkenalan ini dilangsungkan dengan suasana canda dan tawa untuk mencairkan suasana.

8. Penutupan

Setelah semuanya selesai, maka acara lamaran akan ditutup dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.
Pihak keluarga mempelai wanita akan mempersilahkan pihak keluarga pria untuk menyantap hidangan yang telah disediakan.
Nah itu dia gambaran umum acara lamaran di rumah secara sederhana. Sekarang kamu sudah memiliki gambaran tentang bagaimana pelaksanaan lamaran bukan?(MZM)
ADVERTISEMENT